Sukses

8 Kebiasaan yang Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda suka bingung dengan perubahan kulit yang tampak menua meski di usia muda? Pasalnya, ada beberapa hal sederhana yang dapat memengaruhi perubahan kulit serta penampilan Anda.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa penampilan kulit wanita di area dada, tangan dan lengan bisa menunjukkan berapa usia kulit sebenarnya. Tak peduli seberapa muda usia biologis seseorang, tapi penelitian tersebut dapat membuktikan usia kronologis Anda yang mungkin jauh lebih tua dari usia asli.

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Tetapi jika begini, mengapa tidak melakukan semua cara untuk menunda penuaan selama mungkin?

Melansir dari Purelucemedical, Senin (3/05/2022), berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu menjaga kulit serta penampilan Anda tetap terlihat awet muda.

1. Jauhi sinar matahari

Matahari ibarat madu dan racun. Ia sangat dibutuhkan tetapi bisa membahayakan juga. Faktanya, kerusakan akibat sinar UV matahari (termasuk sinar UVB dan UVA) sangat bertanggung jawab atas 90% kerusakan kulit serta kemunculan tanda-tanda dari penuaan.

Sinar UV dapat memecahkan elastin di kulit, sehingga menyebabkan penampilan kulit kendur, kusam, keriput, bintik hitam, warna kulit tidak merata dan masih banyak lagi. 

Penggunaan tabir surya minimal 30 SPF sangat direkomendasikan untuk memblokir sinar UVA dan UVB.

2. Pijat kulit melawan gravitasi

Saat mengoleskan pelembab, serum, tabir surya ataupun perawatan kulit wajah lainnya, pastikan untuk mengusapkan krim tersebut ke atas atau melawan gravitasi. Pijatan lembut tersebut akan membantu merileksasi kulit dan membuatnya lebih kenyal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kebiasaan yang bikin awet muda

3. Perbanyak minum air mineral

Kunci lain untuk membantu kulit tampak lebih muda adalah hidrasi. Setidaknya minum delapan gelas air mineral dalam sehari demi mendapatkan kulit bercahaya. Selain itu, kecukupan mineral dalam tubuh juga dapat membantu mendukung kesehatan menjadi lebih optimal.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh yang dehidrasi? Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik dapat dengan cepat menyebabkan kulit terlihat kering dan kusam.

Minum cukup air dapat mengisi kembali jaringan serta sel-sel kulit sehingga menjadi lebih memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan kulit sehat dan tampak lebih muda.

4. Tidur yang berkualitas

Kunci lain untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah istirahat yang cukup.

Saat tidur, tubuh akan terus-menerus melepaskan hormon yang mendorong pergantian dan pembaharuan sel.

Selain waktu istirahat yang berkualitas, Anda perlu memperhatikan penggunaan kain sarung bantal. Gunakkan sarung berbahan satin daripada katun. Sebab, permukaan kain katun lebih cepat using ataupun kasar, ini akan merusak kolagen pada kulit dan menyebabkan kerutan di wajah.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan selanjutnya

5. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan nutrisi penting yang dapat menyehatkan tubuh serta menjaga tubuh Anda tetap awet muda.

Buah-buahan dan sayur-sayuran juga meningkatkan asupan fitonutrien, yang membantu tubuh untuk menangkal efek merusak dari radikal bebas.

6. Perbanyak bergerak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi, dapat memperlambat penuaan pada tingkat sel hingga 10 tahun.

Tak hanya itu, olahraga juga membantu meningkatkan aliran darah, menggerakkan oksigen dan nutrisi penting keseluruh tubuh, menjaga kekuatan massa otot, dan beragam manfaat kesehatan lainnya.

7. Pilih skincare sesuai jenis kulit

Rutinitas perawatan kulit sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kulit tetap terlihat muda.

Gunakan pembersih wajar berbahan dasar lembut, dan pastikan Anda menggunakan perawatan serum wajah yang sesuai dengan kulit wajah. Selain itu, pilih pelembab yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menjaga kulit wajah Anda tetap terhidrasi.

8. Batasi alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein yang di konsumsi berlebihan dapat merusak kulit Anda. keduanya dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menghilangkan nutrisi penting yang seharusnya diserap oleh tubuh.

4 dari 5 halaman

Wajib Dihindari, 4 Kebiasaan Ini Bikin Anda Lebih Cepat Tua

Apakah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda? Selain genetika, terdapat beberapa faktor lain yang bisa berpengaruh pada penampilan Anda agar tidak terlihat lebih tua.

Semua orang pasti mendamba-dambakan wajah yang awet muda, kencang dan dan badan sehat. Keinginanan awet muda bukan hanya untuk memiliki umur yang lebih panjang tetapi juga memiliki hidup sehat. Meskipun penuaan tidak bisa kita hindari, tetapi kita bisa mencegahnya dengan hidup sehat agar proses penuaan Anda tidak cepat terjadi.

Penuaan yang lebih cepat bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Mungkin kebiasaan tersebut tidak terlihat bahaya namun kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat Anda tampak lebih tua. Berikut ini adalah deretan kebiasaan yang harus Anda hindari untuk mencegah proses penuaan dini, dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengonsumsi Banyak Soda

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Francisco, menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak minuman manis seperti soda memiliki telomer yang lebih pendek. Telomer berfungsi untuk melindungi DNA dari kerusakan dan mempertahankan kromosom yang stabil. Mengutip dari Eat This Not That, telomer yang semakin pendek atau panjang disebabkan oleh pertambahan usia.

Telomer yang pendek akibat terlalu sering konsumsi minuman manis dapat membuat mereka mati. Konsumsi soda secara teratur dapat berpengaruh pada perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang lebih cepat. Mengonsumsi minuman dengan dosis gula yang tinggi juga dapat masuk ke dalam tubuh kita dalam hitungan detik dan ini sangat buruk bagi metabolisme tubuh kita.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan buruk selanjutnya

1. Kurang Tidur

Mengutip dari Bright Side, tidur miring dengan wajah yang tergencet ke bantal dapat menyebabkan penampilan kita terlihat lebih tua. Hal ini dikarenakan, wajah yang tergencet ke bantal dapat meningkatkan kerutan di pipi dan dagu. Para ahli menyarankan untuk tidur telentang. Ini adalah posisi tidur yang baik untuk tetap awet muda dan segar. 

Selain itu, jika Anda kekurangan tidur juga dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Dilansir dari Eat This Not That, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Clinical and Experimental Dermatology, mengungkapkan bahwa perempuan yang memiliki kualitas tidur yang baik akan memiliki kulit yang 30 persen lebih sehat daripada perempuan yang kurang tidur. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, Anda dapat tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

2. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Jika Anda sering pergi keluar dan terkena paparan sinar ultraviolet matahari, sinar ini bisa merusak kulit Anda dan membuat Anda terlihat lebih tua sebelum waktunya. Proses penuaan yang lebih cepat akibat sinar matahari ini disebut photoaging dan dapat menyebabkan kanker. Kondisi ini akan membuat kulit Anda ada kerutan dan garis-garis halus karena perubahan kolagen dari lapisan dalam kulit. Tanda-tandanya dapat berupa kerutan dan perubahan pigmentasi seperti bintik-bintik penuan.

Mengutip dari Bright Side, untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat melindungi diri Anda dengan memakai sun protection atau sunscreen ketika ingin keluar rumah, bahkan ketika mendung sekalipun. Kenakan sunscreen dengan minimal 30 SPF untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

4. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan Anda terlihat lebih tua. Alkohol dapat mengeringkan kulit Anda dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan kemerahan atau bengkak yang muncul pada wajah Anda. 

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.200 perempuan menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari delapan gelas minuman beralkohol dalam seminggu memiliki lebih banyak garis-garis pada wajah mereka dan bengkak di bawah mata bila. Berbeda dengan perempuan yang mengonsumsi alkohol dengan cukup atau tidak sama sekali.