Sukses

Gejala Aneh Covid-19 yang Bertahan Lama Bikin Orang Sakit Berminggu-minggu Setelah Infeksi

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, Covid-19 datang dengan beberapa hari gejala buruk yang membuat orang merasa tidak enak badan, dan kemudian hilang.

Namun, beberapa orang telah mengalami beberapa gejala aneh yang menetap selama berminggu-minggu setelah terinfeksi virus, yang dikenal sebagai Long Covid.

Ada lebih dari 175.000 kematian akibat virus corona di Inggris, yang menyebabkan beberapa penguncian dan pembatasan pada kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan masker dan jarak sosial.

Dengan berakhirnya pembatasan dan program vaksin, tampaknya bagi kebanyakan orang pandemi tidak lagi perlu dikhawatirkan.

Bagi yang lain, gejalanya tetap ada dan mereka masih merasakan efeknya.

Apakah Covid mempengaruhi Anda setelah Anda dites negatif?

Covid dapat terus memengaruhi Anda dengan cara tertentu bahkan setelah seseorang terinfeksi virus. Beberapa orang telah melaporkan gejala aneh yang menetap seperti sakit kepala dan merasa seolah-olah kepala mereka sedang ditekan.

Chiara Rinaldi, 38, mengatakan kepada Wales Online bahwa dia merasa lemah di satu sisi tubuhnya dan gejala ini datang dan pergi. Gejala pusing sesekali juga datang dan ini sering dikenal juga dengan 'kabut otak'.

Kabut otak adalah ketika seseorang mengalami masalah dengan ingatan atau konsentrasinya dan ini dikenali sebagai gejala Long Covid.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

2 dari 5 halaman

Kabut otak bikin susah fokus

Claire berkata: "Sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata bagaimana perasaan saya - saya memiliki kelemahan di satu sisi tubuh saya yang akan datang dan pergi, pusing dan kabut otak yang membuat saya tidak dapat mengingat bahwa saya mulai membuat secangkir kopi atau teh."

"Saya pikir mungkin itu kurang darah atau mungkin anemia, tetapi dokter umum menemukan infeksi air. Keesokan harinya saya bangun dengan nyeri dada dan berakhir di rumah sakit untuk tes dan semuanya jelas, saya terkena costochondritis. Ini adalah ketika Anda mendapatkan rasa sakit yang tajam akibat radang tulang dada - umum terjadi setelah infeksi."

Akhirnya, Chiara dinyatakan positif Covid, tetapi terus menderita kelelahan.

Apa itu Long Covid?

Gejala Covid-19 yang berkepanjangan, lama setelah pasien dites negatif, digambarkan sebagai Long Covid.

Rinciannya terus muncul sehingga tidak ada definisi yang saat ini disepakati di seluruh dunia. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggambarkannya terjadi tiga bulan setelah diagnosis Covid-19.

 

3 dari 5 halaman

Gejala yang tak dapat dijelaskan

Kemudian ada setidaknya dua bulan gejala yang tidak dapat dijelaskan dengan diagnosis lain.

Kantor Statistik Nasional (ONS) memperkirakan bahwa hingga 1,5 juta orang di Inggris dapat menderita karenanya.

Gejala Long Covid antara lain:

  • Kabut otak, kesulitan berkonsentrasi atau masalah memori
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Sesak napas
  • Kehilangan bau atau rasa
  • Batuk terus menerus
  • Detak jantung yang cepat
  • Sulit tidur
  • Masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi
4 dari 5 halaman

Muncul Subvarian Baru, Afrika Selatan Kembali Alami Lonjakan Covid-19

Afrika Selatan mengalami peningkatan pesat dalam kasus Covid-19 yang didorong oleh versi lain dari virus Corona, kata para ahli kesehatan. Kasus telah menurun di negara itu sejak Februari lalu. 

Tetapi subvarian Omicron baru yang oleh para ilmuwan disebut BA.4 mulai mendorong kasus minggu lalu dan meningkat pesat sejak itu, kata Salim Abdool Karim, yang sebelumnya memberitahu pemerintah tentang tanggapan Covid-19.

Sejauh ini, hanya ada sedikit peningkatan rawat inap dan tidak ada peningkatan kematian, kata Abdool Karim, pakar kesehatan masyarakat di Universitas KwaZulu-Natal.

Dilansir dari NBC News, Rabu (4/5/2022), Afrika Selatan mencatat lebih dari 6.000 kasus Covid-19 sehari, naik dari beberapa ratus kasus beberapa minggu lalu. Proporsi tes positif melonjak dari 4 persen pada pertengahan April menjadi 19 persen, menurut angka resmi. 

Pengawasan air limbah juga menunjukkan peningkatan penyebaran virus Corona. Mutan baru tampaknya dengan cepat mencapai dominasi atas Omicron asli dan versi lain dari virus, tetapi Abdool Karim mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah BA.4 akan menyebabkan peningkatan gelombang Covid-19 lagi.

5 dari 5 halaman

BA.4 dikatakan lebih menular daripada varian Omicron asli

Namun, versi baru ini penting karena varian Omicron pertama kali muncul pada November di Afrika Selatan dan Botswana sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Ada satu tren yang mengkhawatirkan, kata Helen Rees, direktur eksekutif Institut Kesehatan Reproduksi dan HIV di Universitas Witwatersrand di Johannesburg. Anak-anak adalah yang pertama berakhir di rumah sakit, sama seperti selama gelombang Omicron asli.

Para ahli mengatakan BA.4 tampaknya lebih menular daripada varian Omicron asli dan kerabat Omicron yang dikenal sebagai BA.2. Para ilmuwan masih mempelajari mutan baru, tetapi tampaknya BA.4 tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada versi virus lainnya, kata Organisasi Kesehatan Dunia dalam sebuah laporan baru-baru ini.

Di Afrika Selatan, pertemuan untuk liburan Paskah, Ramadhan dan Paskah baru-baru ini, ditambah banjir besar di kota pesisir Durban, mungkin telah berkontribusi pada gelombang saat ini, kata Abdool Karim. BA.4 telah muncul di negara lain, tetapi tidak jelas apakah itu akan menjadi varian yang dominan secara global, katanya.

Sejauh ini, itu belum membuat terobosan di AS, di mana BA.2 tetap menjadi strain dominan dan turunannya, yang disebut BA.2.12.1, mulai berkembang. Keturunan itu diyakini menyebar lebih cepat daripada versi virus sebelumnya dan menyebabkan sekitar 29 persen kasus Covid A.S. dalam minggu terakhir, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid
  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    COVID-19 omicron
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    varian omicron
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • COVID
  • Kabut Otak