Sukses

7 Tips Cara Mencegah Kendur dan Kerutan Dini di Leher Anda

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti wajah kita, leher kita menua dengan cepat karena genetika dan paparan sinar ultraviolet (UV) yang berkepanjangan. Bahkan ada istilah untuk kulit bergoyang di bawah dagu kita setelah kehilangan elastisitasnya — “leher kalkun.”

Dan bahkan jika kita bekerja keras untuk menyembunyikan tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah atau rambut putih, usaha kita mungkin akan sia-sia jika kita mengabaikan leher kita. Karena itu, amat penting merawat kulit leher sebagaimana Anda menjaga kulit wajah dari kerutan.

Untuk membantu Anda mendapatkan kilau awet muda yang konsisten, berikut ini 7 tips yang dapat menyelamatkan leher Anda dari kendur dan kerutan dini.

1. Tidur yang benar

Posisi kita saat tertidur dapat menyebabkan kerutan di kulit kita. Tidur miring atau tengkurap membuat Anda menekan wajah ke bantal, dan menyebabkan leher terlipat. Akhirnya, postur berulang ini akan menggores garis di kulit Anda. Menurut para ahli, cara terbaik untuk menghindari kerutan leher saat tidur adalah dengan berbaring telentang.

Makanan yang kaya vitamin A dan beta-karoten juga dapat membantu Anda mengembangkan kulit yang lebih baik. Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning-oranye seperti labu, wortel, dan jeruk bali kaya akan karotenoid, yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel Anda. Memasukkan beberapa bahan dengan asam lemak esensial ke dalam makanan Anda - seperti kenari dan minyak zaitun - juga dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

2. Sertakan leher dalam rutinitas perawatan kulit Anda dan aplikasikan produk dengan gerakan ke atas

Kebanyakan ahli kecantikan akan mengatakan bahwa perawatan kulit tidak berhenti di garis rahang. Saat melakukan rutinitas harian Anda, Anda juga harus "mencari area jugularis" saat mengoleskan krim dan serum. Produk berbasis retinol dan vitamin C direkomendasikan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Penting juga untuk melembabkan leher setiap hari, begitu juga dengan wajah. Menjaga kulit tetap terhidrasi membantu menjaga kekenyalan dan kekencangannya. Dan karena leher sama-sama terkena sinar UV, tambahkan lapisan perlindungan dengan mengoleskan tabir surya di atasnya. Pro-tip lain dari para profesional adalah menerapkan produk dengan sapuan ke atas, entah bagaimana melawan tarikan gravitasi pada kulit kita.

3. Gunakan scrub pengelupasan kulit atau masker DIY untuk mengelupas kulit mati

Jika Anda ingin menghindari terlihat seperti orang yang sama sekali berbeda dari leher ke bawah, pengelupasan kulit juga harus melampaui wajah. Pengelupasan kulit Anda akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak penyebab jerawat yang menumpuk di pori-pori. Produk juga dapat menembus kulit lebih baik saat bersih dan segar. Namun, sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan tidak ada bahan kimia keras yang dapat membahayakan Anda.

Jika Anda ingin melakukannya, Anda juga bisa membuat kulit buatan sendiri menggunakan makanan dari dapur Anda. Pembersih dan pelembab yang dijual di toko biasanya mengandung unsur organik seperti buah jeruk, tebu, dan tanaman, dan Anda dapat membuat versi DIY menggunakan bahan yang sama. Ada berbagai jenis kulit yang menargetkan berbagai masalah kulit dan resep mudah tersedia secara online.

 

3 dari 5 halaman

4. Melakukan pijatan dapat meningkatkan produksi kolagen tubuh Anda

Pijat panas memicu pembentukan kolagen, yang membantu dalam pembaruan dan perbaikan sel. Pijat wajah juga meningkatkan sirkulasi darah kulit, dan para peneliti menemukan bahwa pijatan juga meningkatkan efek krim kecantikan. Salah satu teknik pijat yang bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan menggunakan bagian luar jari kelingking untuk menekan leher, mulai dari atas dan terus ke bawah.

5. Sadari posisi leher Anda saat melihat ponsel Anda

Melihat ke bawah pada ponsel Anda mengarah ke leher yang “berkerut” dan, seiring waktu, gerakan berulang dapat memperdalam tanda garis dan menyebabkan kerutan permanen. Para ahli merekomendasikan untuk memposisikan ponsel Anda di depan wajah Anda saat menggunakannya. Retasan sederhana ini mungkin menyakitkan pada awalnya, tetapi melihat lurus ke depan dapat mencegah pembentukan garis.

6. Konsultasikan dengan spesialis untuk kemungkinan perawatan

Jika Anda memiliki anggaran untuk itu, ada beberapa perawatan leher bedah dan non-invasif yang dapat merangsang kolagen atau mengelupas lapisan kulit mati. Kim Kardashian, misalnya, mengungkapkan bahwa rahasia leher awet mudanya adalah perawatan laser penambah kolagen.

Prosedur kosmetik lainnya, seperti pengelupasan kimia dan dermabrasi, dapat membantu meningkatkan elastisitas dan penampilan leher. Suntikan botox juga mencegah otot berkontraksi dan membantu mengencangkan kulit yang kendur. Tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan spesialis sebelum menjalani perawatan apa pun.

4 dari 5 halaman

5 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Mandi Rutin Setiap Hari

Ketahui apa saja manfaat yang didapat tubuh jika rutin mandi setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (22/4/2022).

1. Membantu bernapas lebih mudah

Menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki dampak positif pada paru-parumu dan seberapa banyak oksigen yang Anda ambil, dan jika airnya hangat dan nyaman, bahkan lebih baik.

Ini karena tekanan yang diberikan air hangat ke dadamu—upaya membersihkan jalur dan sinusmu dan, sebagai hasilnya, membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

2. Membuatmu terlihat lebih muda

Anda mungkin mengira kulitmu kering karena tidak memiliki cukup minyak, tapi tidak demikian halnya. Kulitmu mencari cara untuk mempertahankan air, terutama selama bulan-bulan yang lebih dingin, itulah mengapa mandi membantu kulitmu menyerap kelembapan.

Mandi tidak hanya membantu mengatasi kulit kering, tapi juga memiliki sifat anti-penuaan, seperti meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskannya, dan menurunkan kemungkinan munculnya kerutan dan garis di wajahmu.

3. Membantu mengatasi Depresi

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati depresi, kemungkinan mendapatkan bantuan melalui cara standar lebih rendah dan memiliki beberapa efek samping.

Karena itu, ada baiknya mencoba cara alternatif dan alami. Anda bahkan mulai merasa lebih baik setelah mandi air hangat hanya lima kali.

5 dari 5 halaman

4. Membantu tidur lebih nyenyak

 

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu, terutama bagi individu yang berjuang dengan insomnia.

Mandi air panas bisa membantumu rileks dan mengurangi stres, terutama jika malam tanpa tidurmu dipengaruhi oleh kecemasan.

Mandi juga baik untuk otot-ototmu untuk melemaskan dan meringankan jaringan kaku. Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat mandi bisa memperlambat pernapasan dan mengurangi tekanan darah.

5. Meredakan nyeri otot

Mandi air hangat menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri otot. Mengekspos tubuhmu ke panas saat ototmu sakit adalah cara yang bagus untuk membuat mereka rileks, dan menambahkan beberapa garam Epsom bisa meningkatkan proses mengurangi rasa sakit.

Meskipun benar bahwa mandi air hangat bisa meningkatkan pemulihanmu setelah berolahraga, cobalah untuk tidak mengganti peregangan dan pendinginan dengan mandi—Anda bisa menambahkannya sebagai dukungan tambahan.