Sukses

6 Manfaat Bangun Tidur di Waktu yang Sama Setiap Hari

Jadi, hidup yang lebih sehat adalah tentang memiliki kebiasaan baik seperti bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidur malam dan rutinitas pagi yang konsisten berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat. Itu juga menjadi cara berpikir pada CEO dan pelatih berkinerja tinggi.

Jadi, hidup yang lebih sehat adalah tentang memiliki kebiasaan baik seperti bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika Anda bangun pada waktu yang sama setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Senin (27/12/2021).  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lebih waspada dan tidak terlalu cemas

Menjadi kurang cemas banyak berkaitan dengan kebiasaan tidurmu dan itulah yang ditemukan oleh penelitian ini. 

Yang lebih menarik adalah terkait dengan bangun pagi. Bangun lebih awal memiliki keuntungan untuk menjadi lebih waspada dan meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiranmu.

Studi lain menyatakan bahwa individu yang bangun pagi lebih mungkin untuk sukses di tempat kerja dan menyelesaikan tugas dengan cepat.

3 dari 7 halaman

2. Tidak suka menunda-nunda

Apakah Anda terbiasa menekan tombol snooze saat alarm berbunyi di pagi hari? Banyak individu cenderung melakukan itu jika Anda bangun pagi. 

Sains mengatakan bahwa Anda akan memiliki lebih sedikit kebiasaan menunda-nunda dengan memiliki kebiasaan pagi yang lebih baik. Dan itu hanyalah alasan lain bagimu untuk bangun tepat waktu agar bisa melihat matahari terbit.

4 dari 7 halaman

3. Cenderung tidak memiliki pikiran negatif

Peneliti mengungkap kurangnya jumlah waktu Anda tidur terkait dengan pemikiran negatif. 

Memiliki gangguan tidur juga berdampak negatif pada kesehatan mental, karena individu mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami depresi.

Dengan menentukan periode tidur dan bangun, Anda bisa meningkatkan peluangmu untuk memiliki pikiran yang lebih sehat dan perasaan positif.

5 dari 7 halaman

4. Lebih puas dengan hidupmu

Memiliki waktu tidur dan waktu bangun yang ketat membuat individu lebih puas. Itulah yang dinyatakan oleh survei dengan 1.033 individu. 

Memiliki rutinitas bangun tidur yang teratur menghasilkan 13% lebih banyak kepuasan dalam kehidupan pribadi orang, peningkatan 18% dalam situasi keuangan mereka dan 21% lebih banyak kepuasan yang mengejutkan dalam keseimbangan kehidupan kerja.

6 dari 7 halaman

5. Lebih energik

Ada individu yang mencoba bangun di waktu yang sama setiap hari dan hasilnya cukup menarik. Pelatih pribadi dan perawat bersertifikat Cedar memberi tahu apa yang terjadi setelah dia selalu bangun jam 7 pagi setiap hari, bahkan di akhir pekan. 

“Padahal sebelumnya, saya akan dengan grogi menatap diri saya di cermin dan ingin menukar nyawa dengan kucing saya untuk hari itu. Saya sekarang siap untuk bergerak. Saya bangun dan merasa bersemangat untuk menghadapi hari itu,” ucapnya. 

Selain itu, dia bahkan menyebutkan berolahrga, tidur lebih nyenyak, memiliki pola makan yang bisa diprediksi dan bahkan bangun sebelum alarm berbunyi.

7 dari 7 halaman

6. Kekebalan tubuh akan lebih kuat

Tidur memainkan peran dalam kekebalan. Ini diperlukan untuk otak dan kesehatan secara umum dan itu juga tergantung pada siklus sirkadian, seperti halnya pencernaan. 

Sistem kekebalan kita membuat kita tertidur sama seperti ketika membangunkan kita. Memiliki waktu bangun yang teratur bisa membantu sistem kekebalan tubuhmu, karena itu juga akan menjaga metabolismemu tetap teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.