Sukses

6 Bagian Tubuh yang Terasa Sakit Ini Bisa Jadi Tanda Awal Serangan Jantung

Rasa sakit di bagian tubuh berikut ini dapat menjadi tanda awal serangan jantung

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung telah menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Sebagai salah satu penyebab utama kematian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa diperkirakan 17,9 juta orang meninggal karena masalah jantung pada 2019. Ini berarti mewakili 32% dari semua kematian global.

Dengan terjadinya pandemi COVID-19, situasinya semakin memburuk dan telah terjadi peningkatan yang cukup besar dalam jumlah pasien muda dengan penyakit jantung. Sejumlah faktor termasuk pilihan gaya hidup yang buruk, makan yang tidak sehat, dan bahkan olahraga berlebihan telah berkontribusi pada peningkatan kasus serangan jantung.

Meskipun tidak ada yang tahu kapan tepatnya serangan jantung akan terjadi, beberapa bagian tubuh Anda dapat mengindikasikan serangan jantung yang akan datang. Jika Anda mengalami rasa sakit di bagian-bagian tubuh berikut ini, Anda sebaiknya waspada.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dada

Serangan jantung yang akan datang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Ketidaknyamanan dada tentunya merupakan salah satu tanda dan gejala yang paling umum.

Menurut American Heart Association (AHA), seseorang mungkin mengalami "tekanan yang tidak nyaman, remasan, rasa penuh, atau nyeri di bagian tengah dada Anda sebelum serangan jantung tiba." Rasa sakit dan tekanan dapat berlangsung selama lebih dari beberapa menit. Jika demikian, segera hubungi dokter Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Punggung

Sementara nyeri dada mungkin merupakan tanda serangan jantung, Anda tidak boleh mengabaikan tanda-tanda peringatan yang dapat muncul di punggung Anda, terutama pada wanita.

The American Heart Association mengklaim bahwa wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengeluh sakit punggung yang terjadi sebelum dan selama serangan jantung.

 

4 dari 7 halaman

3. Rahang

Rasa sakit yang menjalar di rahang Anda bisa berarti lebih dari sekadar gangguan otot atau sakit gigi. Pada wanita khususnya, nyeri rahang di sisi kiri wajah bisa menjadi tanda umum serangan jantung.

Mengingat Anda mengalami nyeri rahang disertai rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, berkeringat, mengi dan mual, jangan menunggu untuk meminta bantuan medis.

 

5 dari 7 halaman

4. Leher

Serangan jantung terjadi karena bekuan darah yang menghalangi aliran darah ke otot jantung. Sementara ketidaknyamanan mungkin mulai dari dada Anda, rasa sakit dapat menyebar ke leher Anda dari waktu ke waktu.

Meskipun leher kaku bisa menjadi tanda kelelahan, ketegangan dan ketegangan otot, atau penyakit lain yang dapat disembuhkan, hal itu juga bisa terjadi karena serangan jantung.

 

6 dari 7 halaman

5. Bahu

Ketika rasa sakit yang menyengat dan tidak nyaman menjalar ke leher, rahang, dan bahu dari dada sebagai titik awal, maka itu bisa menjadi indikasi serangan jantung. Karena itu, mintalah bantuan medis, jika Anda mengalami rasa sakit di bahu Anda, terutama jika menjalar dari dada ke rahang kiri, lengan, atau leher.

 

7 dari 7 halaman

6. Lengan Kiri

Mengingat serangan jantung terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah ke otot jantung, maka dapat menyebabkan rasa sakit di lengan kiri Anda.

Sementara rasa sakit dan nyeri ringan di lengan kiri bisa menjadi tanda penuaan, rasa sakit yang tiba-tiba dan tidak biasa bisa menjadi tanda awal serangan jantung dan harus segera meminta perhatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.