Sukses

Sebagai Pengganti Rukun Islam ke-5, Ini Keutamaan Sholat Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Sholat Jumat menjadi salah satu sholat wajib bagi umat muslim. Seperti diketahui, Jumat merupakan hari yang agung dan disucikan oleh muslim.

Hukum sholat Jumat bagi kaum pria wajib, namun bagi perempuan sunnah. Adapun waktu pelaksanaan sholat Jumat ialah pada waktu zuhur.

Pasalnya, sholat Jumat adalah sholat yang dikerjakan pada hari Jumat sebagai pengganti sholat zuhur tersebut. Hukum wajib bagi pria untuk melaksanakan sholat Jumat memiliki keutamaan.

Berikut mengenai keutamaan sholat Jumat, seperti merangkum dari Merdeka, Senin (18/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Hajinya Orang yang Tidak Mampu

Dengan melaksanakan sholat Jumat seseorang akan menerima ganjaran layaknya menunaikan ibadah haji. Seperti diketahui bahwa rukun Islam kelima terbilang cukup berat bagi sebagian orang.

Imam al-Qadla'i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda:

اَلْجُمُعَةُ حَجُّ الْفُقَرَاءِ

Artinya,

"Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir."

3 dari 5 halaman

2. Seakan Puasa dan Sholat Selama Satu Tahun

Tertuang di hadist bahwa hadiah istimewa sholat Jumat seakan puasa dan sholat selama satu tahun.

مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاغْتَسَلَ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا

Artinya,

"Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun." (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

4 dari 5 halaman

3. Diampuni Dosanya

Memang setiap menunaikan ibadah tentu akan menghapus dosa. Tetapi pada sholat Jumat akan diampuni dosa selama beberapa hari.

Dalam hadits Imam Muslim menyebutkan:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ

Artinya,

"Barangsiapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR. Muslim).

 

Penulis:

Alicia Salsabila

5 dari 5 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman