Sukses

5 K-Drama dengan Biaya Produksi Paling Fantastis, Squid Game Peringkat 4

5 K-Drama di bawah ini memiliki biaya produksi yang paling fantastis. Apakah ada drama kesukaan kamu?

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum drama Korea memiliki anggaran yang tinggi selama proses produksinya. Banyak produser rela mengeluarkan biaya fantastis dalam memproduksi serial K-drama. 

Biaya produksi yang tinggi biasanya dikarenakan set yang digunakan, lokasi syuting yang eksklusif,  serta dibintangi oleh aktor papan atas. Selain itu, serial drama Korea yang bergenre fantasy, action dan sejarah memakan lebih banyak biaya untuk set dan efek khusus yang digunakan. 

Penasaran serial drama Korea apa saja yang memiliki biaya produksi paling mahal? Berikut deretan top K-drama dengan biaya produksi termahal seperti merangkum dari KBI Zoom News, Selasa (12/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kingdom

Serial K-drama telah menjadi serial drama dengan investasi tertinggi. Setiap episode mengonsumsi rata-rata 3,3 miliar won atau setara dengan Rp 39 miliar.

Pada season 1 drama ini hanya ada 6 episode yang menghabiskan hingga 20 miliar won atau setara dengan Rp 237 miliar dalam proses produksi. Meskipun memiliki jumlah yang sangat tinggi, tetapi K-drama ini memberikan hasil yang memuaskan. 

Dilihat dari latar sejarah, kostum yang digunakan para aktor dan juga terdapat banyak aktor yang berperan dalam seri ini.

Penulis serial K-drama ini awalnya berencana untuk membuat 8 episode, namun karena kekurangan uang, season 1 pada drama ini dikurangi menjadi hanya 6 episode.  Namun, Kingdom season satu dan dua menghabiskan produksi 35 miliar won atau setara dengan Rp 431 miliar.

3 dari 6 halaman

2. Sweet Home dan Arthdal Chronicles

Kedua serial drama ini sama-sama menempati peringkat dua teratas. Rata-rata pengeluaran kedua film ini untuk per episodenya mencapai tiga miliar. 

Drama Sweet Home diperkirakan memakan biaya hampir 30 miliar won atau setara dengan Rp 369 miliar untuk 10 episode. Dalam proses produksi drama ini, menghabiskan banyak biaya pada efek yang digunakan untuk film yang bergenre horor ini. 

Sementara itu, untuk drama Arthdal Chronicles yang dibintangi aktor papan atas, yaitu Song Joong Ki, Kim Ji-won, serta Jang Dong-Gun juga memiliki biaya produksi termahal.

Serial K-drama menghabiskan 54 miliar won atau setara dengan Rp 665 miliar untuk 18 episode. Serial drama ini bergenre fiksi sejarah sehingga membutuhkan banyak biaya. Para kru drama Arthdal Chronicles bahkan membuat studio eksklusif di provinsi Gyeonggi serta diperankan oleh aktor aktris terkenal. 

4 dari 6 halaman

3. Penthouse 2 dan 3

Drama Penthouse ini memiliki tiga season. Dari ketiga season tersebut, K-drama Penthouse season 2 dan 3 memiliki produksi biaya termahal.

Keduanya menghabiskan biaya 30 miliar won atau setara dengan Rp 356 miliar. Namun, season kedua paling mahal karena terdapat 13 episode sehingga menghabiskan lebih dari Rp 2,3 miliar untuk memproduksinya. 

Cerita Penthouse ini mengisahkan tentang kelas atas. Drama ini mengeluarkan banyak biaya dari kostum dan peralatan film untuk memberikan penampilan orang kaya dan konstruksi interior yang tidak murah.

Peningkatan lebih dari 13 persen dibandingkan tahun lalu, pengeluaran biaya yang besar memberikan banyak keuntungan bagi serial K-drama. 

5 dari 6 halaman

4. Squid Game

Drama Squid Game ini diluncur pada 17 september 2021 dan memiliki 9 episode dan mengeluarkan biaya produksi sebesar 20 miliar won atau sekitar Rp 237 miliar. Jika dibagi rata, setiap episode akan menghabiskan sekitar 2,22 miliar won atau sekitar Rp 26 miliar.  

Drama bergenre thriller dan action fiction ini menggunakan banyak alat  dan mengumpulkan aktor yang cukup banyak  sehingga menghabiskan biaya yang cukup besar selama memproduksinya. 

6 dari 6 halaman

5. The King: Eternal Monarch

Drama The King: Eternal Monarch menjadi drama come backnya aktor Lee Min Ho setelah absen cukup lama dari industri hiburan Korea Selatan karena wajib militer.

Drama ini menghabiskan biaya produksi hingga 30 miliar won atau setara dengan Rp 356 miliar. Jika dibagi rata 16 episode, per episodenya menghabiskan biaya 1,8 miliar won atau sekitar Rp 21 miliar. 

Istana dalam drama tersebut dibangun dengan megah dan mewah, serta lostum yang dikenakan oleh Lee Min Ho sehingga membutuhkan biaya yang besar.  Selain itu, serial ini juga menggunakan banyak efek yang juga menjadi salah satu faktor mengapa drama ini menghabiskan biaya fantastis.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara  

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.