Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 5 Makanan Ini Dapat Menurunkan Berat Badan

Beberapa buah di bawah ini ternyata memiliki protein yang tinggi untuk membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta- Dalam menurunkan berat badan biasanya kita menghindari beberapa makanan tertentu. Tentunya kita juga memperhatikan jumlah kalori dan nutrisi dalam makanan yang akan kita konsumsi untuk menentukan kesehatan kita dalam jangka panjang.

Ketika hendak menurunkan berat badan tentunya kita menyadari makanan mana yang perlu kita konsumsi dan makanan mana yang harus dihindari. Namun ternyata terdapat beberapa makanan yang sering dianggap kurang penting untuk dikonsumsi oleh tubuh kita namun justru memiliki kandungan yang dapat menurunkan berat badan. 

Berikut adalah 5 makanan yang sering dianggap kurang penting namun dapat membantu menurunkan berat badan dilansir dari Times of India.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kacang Almond

Kacang-kacangan merupakan lemak kesehatan yang harus Anda konsumsi dalam menjalani diet Anda. Salah satunya almond. Mungkin Anda berpikir harus menghindari kacang almond karena memiliki kalori yang tinggi. Nyatanya almond adalah sumber nutrisi yang kaya akan protein dan serat sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang dengan waktu yang lebih lama. 

Dilansir dari Healthifyme, tidak hanya almond, walnut dan pistachio juga mengandung lemak omega 3 yang sehat dan juga tinggi protein. Anda dapat menjadikan kacang sebagai cemilan di siang hari atau di sela-sela waktu untuk mendorong penurunan berat badan.

3 dari 6 halaman

Apel

Saat sedang menjalani diet, kita seringkali menghindari makanan tertentu sampai lupa akan makanan yang benar-benar bermanfaat. Buah-buahan seperti apel terbukti dapat menjaga berat badan Anda untuk tetap sehat. 

Apel merupakan buah yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu proses penurunan berat badan Anda. Karena memiliki serat yang tinggi, Apel juga membuat pencernaan Anda lebih lancar, merasa kenyang lebih lama, serta mengurangi kalori. 

Dikutip dari Healthifyme.com, selain buah apel, pir, pepaya, pisang, dan jeruk juga terbukti menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Mereka mengandung vitamin esensial sehingga dapat membuat Anda tetap sehat.

4 dari 6 halaman

Ubi

Saat sedang menurunkan berat badan, ubi jalar termasuk salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi. Meskipun makanan ini sering diremehkan oleh sebagian orang, nyatanya mereka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita dan menurunkan berat badan kita. 

Ubi jalar adalah makanan yang kaya akan serat, rendah kalori, dan dapat membuat Anda terhidrasi dengan cukup. Makanan juga dapat mengurangi keinginan atau rasa ngidam Anda terhadap makanan-makanan lain. Selain itu ubi jalar juga dapat memberikan Anda vitamin A dan vitamin C sehingga sehat untuk tubuh Anda.

5 dari 6 halaman

Jamur

Apakah Anda sangat senang makan daging dan sangat sulit menghindarinya saat sedang diet? Anda dapat mengkonsumsi jamur sebagai pengganti daging. Jamur memiliki antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan tubuh Anda protein dan serat yang cukup. 

Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jamur, dapat meningkatkan rasa kenyang yang membuat kita mengurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi. 

6 dari 6 halaman

Oat

Oat memang bukan merupakan makanan yang lezat untuk sarapan pagi Anda. Namun oat sangat bagus untuk kesehatan Anda karena memiliki serat yang membantu Anda untuk mengendalikan keinginan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. 

Selain Oat, Anda dapat mengganti karbohidrat dengan biji-bijian seperti quinoa, dan beras merah untuk meningkatkan penurunan berat badan Anda. Mereka memiliki jumlah protein yang sehat dan merupakan makanan diet yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Penulis: 

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.