Sukses

3 Tips Mengatasi Gangguan Kecemasan Secara Alami

Membuat catatan ketika sedang cemas dapat mengatasi gangguan kecemasan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pastinya pernah merasa khawatir atau cemas. Ketika rasa cemas atau khawatir itu muncul, pikiran Anda dipenuhi dengan to do list pekerjaan yang harus segera diselesaikan atau tugas yang terlupakan. 

Saat kecemasan itu datang, Anda dapat membuat catatan dan menerima rasa cemas kemudian membuat daftar yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Menurut penelitian, melakukan scheduling atau membuat catatan dianggap mampu membantu Anda dalam meredakan rasa cemas. Sebab kecemasan dan kekhawatiran yang disengaja menjadi sebuah kegiatan yang melatih Anda secara konsisten meluangkan waktu memahami kecemasan Anda.

Bahkan jika memerlukannya, Anda dapat membuat rencana untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan ini akan melatih otak Anda untuk menumpahkan semua kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan pada waktu yang Anda tentukan.  

Berikut beberapa tips untuk mengatasi gangguan kecemasan, seperti melansir dari Fastcompany, Rabu (15/9/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jadwalkan waktu khusus untuk memikirkan rasa cemas Anda secara sengaja

Biasanya sebelum tidur, sebagian individu memikirkan hal yang berhubungan dengan pekerjaannya. Anda dapat meluangkan waktu di sore hari selama 10 hingga 30 menit untuk memikirkan rasa kecemasan Anda.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memberikan sinyal ke otak bahwa ada waktu-waktu tertentu untuk merasa khawatir, sehingga tidak mengganggu waktu tidur Anda di tengah malam. 

3 dari 4 halaman

2. Mencoba untuk menerima kecemasan

Ketika Anda merasa cemas, biarkan diri Anda merasakannya. Saat pikiran-pikiran tersebut muncul di kepala Anda, Anda dapat melepaskan rasa cemas tersebut dengan menulisnya di buku catatan harian, di ponsel, atau di post it. 

Kemudian Anda dapat mengidentifikasi masalah mana yang dapat ditindaklanjuti dan mana yang tidak. Setelah itu, tulislah beberapa cara atau solusi yang bisa mengatasi rasa cemas tersebut. 

Dengan membuat beberapa poin-poin yang bisa menyelesaikan masalah dapat membantu meringankan rasa kecemasan. 

4 dari 4 halaman

3. Cobalah untuk lebih santai

Bagi Anda seseorang yang perfeksionis, tentunya ini adalah poin yang sulit. Secara perlahan Anda dapat menetapkan batasan-batasan untuk pikiran Anda. Otak yang terlalu aktif membuat seseorang lebih mudah merasa gugup.

Ketika Anda menerima rasa khawatir dan kecemasan, Anda juga memiliki waktu tidur yang lebih baik.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.