Sukses

Buka Puasa dengan Makanan Sehat, Coba Resep Kue Wortel Manis Ini

Liputan6.com, Jakarta Menyantap hidangan berbuka puasa enak dengan yang manis. Kue wortel ini merupakan menu berbuka puasa yang manis dan juga sehat. Perpaduan antara rasa wortel dan kurma yang disatukan juga memberikan rasa yang menarik.

Tak hanya itu, kue ini juga menggunakan gandum yang juga kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. Penggunaan kacang pecan juga menambahkan beraga tekstur yang menyatu.

Melansir EatingWell,  carrot cake energy bites dibuat dengan cara yang mudah dengan menggunakan bahan baku yang segar. Kue wortel ini juga bisa disimpan dengan baik di lemari es untuk bisa mengonsumsinya lebih lama.

Penggunaan bahan dasar wortel akan memberikan nutrisi yang baik pada kue ini. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam kue wortel ini.

2 dari 6 halaman

Nutrisi dalam Wortel

Melansir dari Verywell Fit, dalam secangkir wortel atau sekitar 128g mengandung 12,3g karbohidrat, yang terdiri dari 3,6g serat dan 6,1g berasal dari gula alami. Indeks glikemik pada wortel rebus juga cenderung rendah yaitu kisaran 35 sampai 43.

Pada wortel mengandung lemak tak jenuh ganda yang jumlahnya sangat minimal bahkan hanya sampai 0,3g per ukuran wortel sedang. Secangkir wortel juga tidak terlalu tinggi protein, hanya mengandung 1,2g protein.

Namun, wortel merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, khususnya beta karoten yang bertanggung jawab atas warna oranye pada wortel. Wortel juga mneyediakan kalium, kalsium, magnesium, fosfor, folat, dan vitamin E & K.

Dari beragam nutrisi tersebut, wortel memberikan manfaat kesehatan untuk mendukung kesehatan kardiovaskular. Dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat dalam wortel juga membantu menurunkan kolesterol.

Melindungi penglihatan juga salah satu manfaat kesehatan yang diberikan wortel, sumber vitamin A yang sangat baik, termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin ini cenderung menumpuk di retina, mereka sangat membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia yang mana penyebab umum kehilangan penglihatan.

Manfaat lainnya yang disediakan wotel juga meningkatkan kesehatan gigi, mencegah penurunan kognitif, dan mengurangi risiko kanker pada tubuh.

3 dari 6 halaman

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang digunakan di bawah ini diperuntukkan untuk 22 porsi atau kue bola wortel, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bahan-bahan

  • 2 wortel ukuran sedang (total sekitar 4 ons), cincang halus
  • 1 cangkir kurma diadu
  • ½ cangkir rolled oats
  • ¼ cangkir pecan cincang
  • ¼ cangkir biji chia
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • ¾ sdt kayu manis bubuk
  • ½ sdt jahe bubuk
  • ¼ sdt kunyit bubuk
  • ¼ sdt garam
  • Sejumput lada
4 dari 6 halaman

Cara Pembuatan

Proses pembuatan kue wortel ini membutuhkan waktu 15 menit, sehingga sangat cepat dan mudah untuk membuatnya. Berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan food processor untuk menggiling semua bahan
  2. Pertama, masukkan kurma, gandum, pecan, dan biji chia ke dalamnya untuk dihaluskan
  3. Setelah semua tercampur rata, tambahkan wortel, vanili, kayu manis, jahe, kunyit, garam, lada hingga menyatukan semuanya
  4. Kemudian, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil sebanyak 1 sdm pada setiap bola
  5. Taruh di sebuah wadah, kemudian bisa didinginakan di lemari es selama beberapa jam atau bisa juga langsung dimakan

Catatan: Kue wortel akan lebih enak jika didinginkan terlebih dahulu

5 dari 6 halaman

Fakta Nutrisi

Dalam satu bola kue wortel mengandung 48 kalori, 0,9 gram protein, 8,2 gram karbohidrat, 1,6 gram serat makanan, 5,1 gram gula, 1,7 gram lemak, 0.2 gram lemak jenuh, vitamin A, folat, kalsium, besi, magnesium, kalium, dan natrium.  

Kandungan yang sangat lengkap dalam makanan, yang juga didapatkan dari bahan bauk lainnya seperti kurma dan kacang pecan yang juga berikan nutrisi baik.

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

6 dari 6 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: