Sukses

Mudah dan Murah, Begini Cara Alami Atasi Kuku Berjamur

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kuku berjamur bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Tahukah Anda bahwa lebih dari 60% orang terkadang mengalami permasalahan kuku berjamur?

Jika Anda mengalami kuku berjamur, Anda mungkin tidak ingin menunjukkan kaki Anda kepada orang lain.  

Kuku berjamur tidak hanya terlihat tidak segar, tetapi juga bisa sangat menyakitkan. Terlebih kuku berjamur juga bisa sulit disembuhkan. Umumnya penyebab kuku berjamur adalah infeksi jamur.

Kuku berjamur biasanya dimulai dengan infeksi di tepi kuku. Dari sana, jamur menyebar lebih jauh ke dalam kuku. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan terhadap kuku berjamur sesegera mungkin.

Melansir dari Thuisarts.nl, Senin (3/5/2021), untungnya ada bahan di lemari dapur Anda sendiri yang membantu Anda menyingkirkan kuku berjamur dengan mudah.

2 dari 4 halaman

Cara Alami Atasi Infeksi Jamur pada Kuku

Anda mungkin sudah memiliki solusi untuk mengatasi infeksi pada kuku di rumah yaitu dengan memanfaatkan cuka. Cuka dikenal dengan bahan asamnya dan oleh karena itu merupakan solusi yang tepat untuk melawan kuku jamur.

Jamur penyebab kuku berjamur tidak tahan dengan asam cuka. Merendam kaki dengan cuka adalah obat yang sempurna untuk kuku berjamur.

Anda dapat merendam kaki dalam air cuka selama sekitar lima belas menit setiap hari. Pastikan untuk membilas kaki Anda dengan air hangat setelahnya. Tidak harus cuka khusus, Anda cukup menggunakan varian dari supermarket.

Tidak punya waktu untuk merendam kaki Anda? Jangan khawatir, Anda dapat mengoleskan kuku yang terkontaminasi dengan jamur di pagi dan sore hari dengan bola kapas yang dibasahi cuka.

3 dari 4 halaman

Mencegah Kuku Berjamur

Tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda dapat mencegah kuku berjamur dengan selalu mengeringkan kaki setelah mandi atau berenang. Jangan lupa pula untuk mengenakan kaus kaki kering dan gantilah setiap hari.

Kenakan sandal di ruang loker umum, pancuran dan kolam renang untuk melindungi kuku Anda dari kontaminasi. Selanjutnya, jangan berbagi gunting kuku dengan orang lain dan selalu cuci kaki Anda dengan sabun antibakteri.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: