Sukses

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Perih Akibat Asam Lambung

Pengidap asam lambung harus lebih selektif dalam memilih makanan.

Liputan6.com, Jakarta Penderita asam lambung dan GERD harus lebih selektif dalam memilih makanan. Beberapa makanan dapat menyebabkan asam lambung semakin tinggi, seperti makanan pedas, asam, nasi uduk, kopi, dan makanan berminyak.

Refluks asam dapat terjadi ketika asam di dalam lambung naik ke kerongkongan. Keadaan ini membuat orang yang mengalaminya terasa mual. Makanan yang dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan GERD dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi.

Saat penderita asam lambung dan GERD mengonsumsi makanan sembarangan, penyakit tersebut akan semakin parah dan kronis. Sehingga penting untuk lebih selektif terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Daftar makanan berikut ini dipercaya aman dikonsumsi penderita asam lambung dan GERD, yang dihimpun dari berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jahe

Selain untuk bumbu masak, jahe memiliki banyak manfaat sebagai pengobatan, dan menjadi obat alami pencernaan terbaik. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengobati iritasi pada saluran pencernaan. 

Jahe dapat diolah menjadi teh yang bebas kafein untuk mengobati pencernaan. Selain teh, jahe juga dapat dimakan secara langsung atau diparut untuk ditaburi ke makanan. Pengobatan alami ini telah banyak digunakan dan terbukti ampuh meredakan gejala.

3 dari 6 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal dipercaya sebagai makanan yang tidak menyebabkan refluks asam. Oatmeal biasa dikonsumsi disaat sarapan karena dapat mengenyangkan dan memiliki banyak serat sehat.

Makanan ini telah menjadi menu favorit untuk sarapan bagi semua orang, bahkan terkadang dikonsumsi untuk makan siang. Selain mengandung banyak serat, oatmeal adalah biji-bijian utuh. Serat tinggi yang terkandung di dalamnya diyakini dapat mengurangi risiko asam lambung.

4 dari 6 halaman

3. Melon, Semangka, dan Blewah

Buah melon, semangka, dan blewah ternyata dapat membantu mengurangi refluks asam. Ketiga buah ini tidak mengandung asam yang tinggi, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan GERD.

Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air yang dapat melemahkan dan mengencerkan asam di dalam lambung. Akan tetapi, makanan ini tetap harus dikonsumsi dalam batas yang wajar.

 

5 dari 6 halaman

4. Sayuran

Sayuran direkomendasikan sebagai makanan yang dapat mengurangi asam lambung dan GERD. Beberapa sayuran yang termasuk, seperti kentang, wortel, lobak, jamur, seledri, dan sayuran hijau.

Tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi refluks asam. Beberapa sayuran yang harus dihindari yaitu tomat, paprika, dan bawang bombay. Sayuran secara alami mengandung gula dan lemak yang rendah, sehingga dapat mengurangi asam lambung.

 

6 dari 6 halaman

5. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah sumber protein yang baik dikonsumsi. Selain sumber protein, daging tanpa lemak juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pastikan untuk tidak menggoreng daging tersebut. Gunakan cara menumis, mengukus, atau memanggangnya untuk mengurangi gejala refluks asam. Sebab penderita asam lambung harus menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang termasuk daging tanpa lemak, seperti kalkun, ikan, makanan laut, dan ayam.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.