Sukses

Selalu Belajar dari Kegagalan, Pria Ini Berhasil Untung Puluhan Miliar di Pasar Modal

Sifatnya yang selalu belajar dari kegagalan membuatnya meraih untung di pasar modal

Liputan6.com, Jakarta Bermain saham maupun trading dikenal tak mudah dan banyak resiko. Namun, di sisi lain bisnis trading ini juga terkenal akan keuntungannya yang besar dan menjanjikan.

Para pemain trading yang paham betul bila bisnis ini mempunyai hukum 'high risk, high income' akan lebih menguasai tekniknya. Sehingga akan mengurangi tingkat resiko gagal.

Sama halnya bisnis lainnya, terjun ke dunia trading perlu kesabaran dan tak mudah putus asa. Kegagalan di dunia bisnis adalah hal yang biasa dan akan lebih baik harus merasakan kegagalan.

Sebab, dari kegagalan tersebut, para pebisnis akan mendapat banyak pelajaran dan semakin menguasai bidangnya. Bahkan dari kegagalan itu, hasil yang diterima akan lebih terasa kepuasannya.

Seperti yang dialami oleh Gema Goeyardi seorang trader sukses yang tertarik dengan dunia financial market sejak usia 19 tahun. Saat usianya menginjak 21 tahun, ia membeli saham pertamanya dengan harga Rp 10 juta.

"Saya tertarik dengan financial market itu saat umur 19 tahun, lalu bisa membeli saham senilai Rp 10 juta di usia 21 tahun. Namanya juga pemula, ya? Saat itu saya mengalami kerugian yang cukup tinggi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar dari kegagalan

Sebagai pemula yang langsung berhadapan dengan kegagalan, ia tak menyerah begitu saja. Gema bertekad untuk belajar memperdalami ilmu agar bisa menguasai pasar untuk meraih titik balik perubahan.

Sebelum kembali masuk ke market, Gema mencoba peruntungan bisnis udang. Keuntungan dari bisnis udang yang ia jalani itu digunakan untuk modal masuk ke market lagi.

Berkat bisnis udang itu, Gema belajar bagaimana cara mengelola uang. Kegagalan yang pernah dialaminya tak membuat Gema berhenti berusaha di pasar modal.

"Tahun 2008 saya sempat mengalami kerugian lagi yang cukup besar. Tapi namanya bisnis, akan selalu menemui kegagalan dan harus terbiasa dengan kegagalan. Dari situ saya belajar bagaimana mengatasi setiap masalah yang saya hadapi agar kegagalan tak kembali terulang dan bangkit untuk mencetak kesuksesan yang tertunda," lanjut pria pemilik akun Instagram @gemathebillionaire.

Dari kegagalan-kegagalan yang dialaminya itu, Gema selalu mendapat pelajaran dan solusi baru. Ia mulai melakukan sebuah inovasi sistem trading untuk membaca pergerakan harga yang bernama metode Astronacci.

 

3 dari 3 halaman

Profit puluhan miliar

Metode Astronacci dapat memprediksi tanggal kapan harga akan naik atau turun di market hingga mendapatkan MURI. Di balik kesibukannya sebagai seorang CEO dan trader, Gema juga seorang lecturer bersertifikat yang memiliki pengalaman di bidang financial market.

Bahkan Gema mendapatkan gelar MFTA (Master of Financial Technical Analysis) dari IFTA (International Federation of Technical Analyst) yang sudah diakui dunia. Kini Gema sudah berpengalaman lebih dari 12 tahun di financial market dan memiliki kompetensi yang tidak diragukan lagi.

Gema berhasil mendapat profit dari sekitar Rp 28 juta menjadi lebih dari Rp 79 miliar dalam kurun waktu delapan tahun dari 2012 hingga 2020. Selain konsentrasi di bidang bisnis pasar modal, Gema mencintai dunia aviasi karena ia sendiri pun seorang pilot.

Ia pun mendirikan 14DAYPILOT Flight Academy, sebuah program pelatihan penerbangan dengan kurikulum akselerasi di Amerika Serikat dan Indonesia dengan instruktur-instruktur berkualitas. 14DAYPILOT berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang terbaik bagi para calon pilot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.