Sukses

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Rutin Mengangkat Kaki ke Dinding

Ini beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda rutin mengangkat kaki ke dinding setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Beraktivitas seharian di luar rumah tentu kerap membuat kaki terasa amat lelah di malam hari. Ada berbagai cara yang biasa orang lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Mulai dari memijat kaki hingga merendamnya dengan air hangat. Namun, ada kebiasaan yang kerap dilupakan dan ternyata dapat membantu mengatasi lelah pada kaki, yaitu dengan mengangkatnya ke dinding.

Banyak yang menganggap bahwa kebiasaan ini sepele. Tapi jangan salah, mengangkat kaki ke dinding secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat.

Melansir dari Healthline, Rabu (10/3/2021), ini beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda rutin mengangkat kaki ke dinding setiap hari.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sirkulasi Darah Lancar

Ketika mengangkat kedua kaki ke dinding, posisi kaki akan lebih tinggi dari posisi tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan cairan berlebih di tubuh bagian bawah. Begitu pula dengan sirkulasi darah yang akan lebih lancar.

3 dari 6 halaman

2. Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda mengangkat kaki ke dinding, otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini bisa membuat tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Cobalah untuk mengangkat kaki ke dinding selama 15-20 menit sebelum tidur setiap harinya.

4 dari 6 halaman

3. Kaki Bengkak dan Kram Hilang

Apakah Anda kerap mengalami kaki bengkak atau kram? Mengangkat kedua kaki ke dinding dalam posisi berbaring nyatanya juga dikatakan bisa mengatasi kaki bengkak atau kram.

Anda yang kerap lama berdiri di siang hari bisa mencoba untuk mengatasi kaki bengkak atau kram dengan mengangkat kedua kaki ke dinding sebelum tidur.

5 dari 6 halaman

4. Sistem Pencernaan Lancar

Mengangkat kaki ke dinding dapat membuat suplai darah ke organ-organ dalam meningkat melalui aliran dari kaki.

Sirkulasi darah yang meningkat pun bisa mengoptimalkan sistem pencernaan. Bila dilakukan dengan rutin, sebagian besar nutrisi yang dicerna tubuh akan diserap dengan lebih cepat.

6 dari 6 halaman

5. Terhindar dari Stres

Ketika mengangkat kaki ke dinding sambil berbaring, tubuh akan lebih rileks. Hal ini dapat membuat jaringan tubuh mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar sehingga nutrisi bisa diedarkan ke seluruh organ dalam.

Ini dapat membuat sistem saraf lebih baik, mengurangi tekanan di sekitar kening, leher, dan perut. Tak hanya itu, Anda juga akan terhindar dari stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.