Sukses

Patut Dicoba, Resep Olahan Kentang Tumbuk Salmon Asal Belanda Bernama Stamppot

Cobalah konsumsi makanan tradisional Belanda bernama Stamppot dengan ikan salmon panggang yang lezat dan bergizi

Liputan6.com, Jakarta Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Ada begitu banyak olahan kentang yang mungkin sudah Anda coba. Namun bagaimana dengan olahan kentang asal Belanda bernama Stamppot ini?

 

Sajian yang biasanya terdiri atas perpaduan kentang dan ikan salmon ini merupakan masakan tradisional di Belanda. Kentang yang dilumatkan bersama dengan satu atau beberapa jenis sayuran lainnya ini biasanya juga disandingkan dengan daging asap. Sayuran yang digunakan meliputi bayam, kankung, lobak hijau, wortel, dan bawang bombay.

Tidak hanya dengan daging asap atau sosis, terkadang juga dicampurkan dengan daging yang direbus. Di Belanda, Stamppot dapat dibeli di toko-toko kecil dan supermarket atau bisa juga dipesan di restoran yang menyediakannya. Hidangan ini dikenal luas menjadi makanan yang murah, lezat, dan bergizi.

Maka dari itu, Anda nampaknya patut mencoba resep Stamppot dengan ikan salmon panggang yang lezat ini ya. Namun sebelum masuk ke resepnya, simak dulu kandungan nutrisi dalam kentang yang bermanfaat untuk tubuh yang dilansir dari Verywell Fit berikut.

 

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi Kentang

Berdasarkan informasi nutrisi yang bersumber dari USDA, untuk satu kentang dengan berat 173 gram, dengan kulit dan tanpa tambahan garam atau topping apa pun terdapat 164 kalori, 0.2g lemak, 24mg sodium, 37g karbohidrat, 4g serat, 1.9g gula, dan 4.6g protein.

Pada dasarnya, kentang bebas dari lemak, tetapi jika ditambahkan topping atau menggoreng kentang bisa membuat kentang jadi berlemak. Protein yang terkandung dalam kentang juga sedikit, tetapi kualitasnya sangat tinggi karena komposisi asam amino dan daya cerna, sehingga membuatnya mirip dengan telur.

Vitamin C, vitamin B6, dan potassium disediakan di dalam kentang. Selain itu, kentang juga menjadi sumber folat, niasin, besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan yang baik. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari nutrisi kentang ini, Anda harus mengonsumsinya beserta kulitnya, karena beberapa mikronutrien lebih terkonsentrasi di bagian kulit.

Manfaat yang akan didapatkan dari makan kentang ialah seperti mengatur tekanan darah, mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis, dan memperbaiki kerusakan oksidatif.

 

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan asal Belanda bernama Stamppot. Bahan-bahan di bawah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun resep berikut ini ialah untuk 4 porsi.

  • 1 ½ pon atau 680 gram kentang (4 buah kentang ukuran sedang), dipotong per-2 inci
  • ½ pon atau 220 gram kangkung, dicincang halus
  • ½ cangkir daun bawang, dicincang halus
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 pon atau 450 gram salmon fillet, dipotong empat
  • 1/8 sdt adas kering
  • ½ cangkir atau 100 gram susu bebas laktosa
  • 2 sdm mentega
  • ¾ sdt garam
  • 1/8 sdt lada putih bubuk

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat

  1. Di dalam panci yang besar, masukkan air dan kentang untuk dididihkan dengan api yang besar dan ditutup rapat.
  2. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus kentang kembali selama 10 menit.
  3. Tambahkan kangkung dan daun bawang ke dalam rebusan kentang, lalu didihkan hingga kentang bertekstur empuk atau sekitar 10 menit lagi.
  4. Aduk rebusan sayuran tersebut sebanyak dua kali sampai akhir perebusan.
  5. Sementara itu, panaskan minyak zaitun dalam sebuah wajan sedang dengan api yang sedang-besar hingga harum, lalu masukkan ikan salmon ke dalam minyak tersebut bagian kulitnya.
  6. Panggang salmon sampai kulitnya berwarna coklat keemasan, kemudian balik salmon sampai semua bagian sudah terpanggang sempurna.
  7. Ambil garpu untuk memipihkan ikan salmon dan taburi adas kering di atas salmon tersebut, lalu matikan kompor.
  8. Saat rebusan sudah 10 menit, matikan kompor dan tiriskan sayuran untuk membuang airnya.
  9. Kembalikan sayuran ke dalam panci, lalu haluskan atau tumbuk semua sayuran tersebut bersama dengan susu, mentega, garam, dan lada putih bubuk.
  10. Ketika kentang dan semua bahan lainnya sudah halus, masukkan ke dalam mangkuk saji.
  11. Lalu, pisahkan kulit salmon dari dagingnya dan letakkan di atas kentang.
  12. Stamppot dengan ikan salmon panggang siap dihidangkan.

 

Jika Anda tidak mengonsumsi produk susu sapi, Anda bisa menggantikannya dengan minyak zaitun dan nasi atau bisa juga dengan susu almond yang dapat mengantikan susu sapi dan mentega. Untuk tips memasak hidangan ini, kulit salmon cenderung menempel pada wajan, jadi cukup geser spatula di antara kulit dan daging salmonnya, maka keduanya akan terpisah dengan mudah. Dalam perporsi hidangan ini mengandung 456 kalori, 17g lemak, 41g karbohidrat, dan 35g protein.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.