Sukses

Cocok Disajikan Malam Hari, Resep Sup Mi Ayam Nikmat dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Makan malam dengan sup berkuah akan menghangatkan malam yang dingin. Jika bosan dengan sup yang biasa Anda santap, Anda dapat mencoba variasi sup dengan ayam dan mi ini. Paduan ayam dan mi dengan kaldu yang mengandung jahe ini baik untuk masuk angin. Mengonsumsi makanan yang berkuah dengan sayuran juga baik untuk kesehatan.

Kaldu dengan aroma ayam juga akan menggugah selera makan. Terlebih lagi, di dalamnya juga menggunakan mi gandum yang sehat untuk dikonsumsi. Jika Anda tidak ingin menggunakan mi, dapat digantikan dengan nasi.

Ayam yang digunakan dalam sup ini juga ayam tanpa tulang sehingga tidak sulit untuk mengonsumsinya. Untuk mendapatkan sayurannya, sup ini menggunakan jagung dan jamur yang tentu akan baik untuk pola makan sehat Anda. Sebelum masuk ke bahan-bahan dan cara pembuatan sup mi ayam, ada baiknya kita mengetahui asal usul dari sup yang beredar di masyarakat berikut ini.

2 dari 5 halaman

Asal-usul Sup

Sup merupakan makanan yang cair atau berkuah yang biasanya disajikan dalam keadaan hangat, bahkan panas. Dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan seperti daging, sayuran, mi dengan kaldu atau air. Cara pembuatannya dengan merebus bahan-bahan tersebut di dalam panci sampai bumbu membentuk kaldu.

Melansir dari Solesoup, para arkeolog percaya bahwa manusia telah membuat sup setidaknya 20.000 tahun yang lalu. Awalnya manusia membuat sup dengan pot tanah liat yang tanah air, lalu mengisinya dengan daging, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan rempah-rempah, kemudian merebusnya di atas batu panas.

Selain itu, dahulu banyak yang menyebutkan bahwa sebenarnya sup pertama adalag gruels, yang mana campuran dari biji-bijian direbus dengan air, atau mirip dengan oatmeal atau bubur jagung saat ini.

Dalam masakan tradisional Prancis, sup dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sup bening dan sup kental. Sup bening dengan menggunakan kaldu, sedang sup kental itu dengan telur, mentega, tepung, beras, dan krim.

3 dari 5 halaman

Bahan-Bahan

Melansir dari BBCGoodFood, bahan-bahan ini dapat disajikan untuk 2 porsi. Jadi, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini bahan-bahan sup mi ayam:

  • 900ml kaldu ayam
  • 1 dada ayam tanpa tulang (175g)
  • 1 sdt jahe cincang
  • 1 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 50g mi gandum
  • 2 sdm jagung manis
  • 2-3 buah jamur (diiris tipis)
  • 2 batang daun bawang
  • 2 sdt kecap
  • Daun mint atau kemangi (penyajian)
  • Sedikit cabai iris (penyajian)
4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan

  1. Tuang kaldu ke dalam panci dan masukkan dada ayam, jahe dan bawang putih.
  2. Didihkan campuran kaldu tersebut, lalu kecilkan api dan tutup sebagian panci.
  3. Biarkan tetap keadaan mendidih selama 20 menit, sampai ayam empuk.
  4. Setelah ayam menjadi empuk, angkat ayam dan letakkan di atas talenan.
  5. Potong-potong ayam menjadi beberapa bagian (sesuai keinginan).
  6. Kemudian, kembalikan ayam ke dalam kaldu yang masih di atas kompor.
  7. Masukkan mi, jangung manis, jamur, daun bawang, dan kecap ke dalam campuran kaldu.
  8. Rebus selama 3-4 menit sup sampai mi menjadi empuk.
  9. Matikan kompor saat mi sudah matang dan empuk.
  10. Sajikan di dalam mangkuk dengan irisan daun bawang, daun mint atau kemangi, dan cabai.
  11. Jika Anda menyukai kecap, tambahkan kecap juga sebagai taburan.

 

Di dalam per porsi sajian, nutrisi yang terkandung ialah 217 kalori, 2g lemak, 26g karbohidrat, 1g gula, 0,6g serat, 26g protein, 2,5g garam. Sup mi ayam ini cocok untuk dimakan saat udara sedang dingin, karena mengingat rasa sup yang hangat. Anda juga bisa menambahkan sayuran lainnya sesuai dengan selera Anda.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

5 dari 5 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: