Sukses

5 Makanan Super Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi Covid-19 melanda, bekerja dari rumah (WFH) telah menjadi rutinitas banyak orang. Rutinitas ini membuat Anda terus-terusan melihat gadget elektronik.

Baik itu laptop, tablet, TV, atau smartphone, mata Anda terpaku pada layar hampir sepanjang hari. Dengan kebiasaan ini, menjaga mata menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Dengan jadwal kerja yang padat, pola tidur yang tidak menentu, dan pola makan yang tidak sehat, mata Anda bisa sangat terpengaruh oleh gaya hidup yang berubah ini. Namun, ada makanan tertentu yang dapat Anda masukkan secara teratur ke dalam makanan Anda sehingga Anda dapat menjaga umur panjang dan kesehatan mata secara keseluruhan.

Apa saja? Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

2 dari 7 halaman

1. Kacang-kacangan berbiji besar

Mulailah menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Kacang merah, kacang polong hitam, dan lentil merupakan sumber bioflavonoid dan seng yang baik yang dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak.

 

3 dari 7 halaman

2. Kacang pohon

Sumber lain yang bagus untuk kesehatan mata adalah kacang-kacangan dari pohon. Ini termasuk pistachio, kenari, almond yang kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E dan dapat meningkatkan kesehatan mata Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E bersama dengan nutrisi lain, dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD) menjadi lebih buruk.

 

4 dari 7 halaman

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber yang bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan collard greens, kaya akan vitamin C dan E. Makanan nabati memiliki jumlah vitamin A yang baik yang menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang.

 

5 dari 7 halaman

4. Buah dan sayuran berwarna

Makanan seperti wortel, tomat, paprika, stroberi, labu, jagung adalah sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Tak hanya itu, buah-buahan dan sayuran berwarna-warni ini dianggap membantu mengurangi risiko berbagai penyakit mata.

 

6 dari 7 halaman

5. Buah-buahan yang rasanya asam

Buah jeruk dan berry kaya akan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata. Jeruk, grapefruits, lemon, dan berry kaya akan vitamin C, yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: