Sukses

Tak Hanya Iritasi Kulit, Ini 4 Dampak Buruk Pakai Perhiasan Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Perhiasan telah menjadi benda favorit yang dipakai untuk mempercantik diri. Benda ini biasanya sering dipakai oleh wanita mulai dari gelang, cincin, kalung dan anting. Banyak dari mereka enggan melepaskan benda ini secara sembarangan.

Selain menjadi benda favorit, harga untuk perhiasan emas ini juga cukup mahal per gram-nya. Sangat wajar jika mereka takut kehilangan benda tersebut. Terkadang mereka lupa melepas perhiasannya sebelum tidur. 

Tidak melepas perhiasan sebelum tidur ternyata menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Nah, penasaran apa saja dampak yang ditimbulkan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (23/2/2021).

 

2 dari 6 halaman

1. Cincin Sulit dilepas di Pagi Hari

Pada pagi hari, jari tangan cenderung terlihat sedikit lebih besar. Hal ni dapat terjadi karena ketika seseorang berbaring di malam hari, cairan menumpuk di dalam jaringan. Sehingga menyebabkan tangan menjadi agak bengkak ketika bangun. 

Jika saat tidur masih memakai cincin, benda itu akan sulit dilepas di pagi hari. Untuk melepaskannya, dibutuhkan sabun cair atau minyak sayur agar nampak licin. Memasukkan tangan ke dalam air es juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi pembengkakan.

 

3 dari 6 halaman

2. Mengganggu Tidur

Tidur pada malam hari dengan memakai kalung dapat menimbulkan risiko. Rantai kalung dapat menjadi kusut di rambut atau melilit leher. Hal ini sangat mengganggu tidur Anda.

Apalagi jika kalung itu memiliki liontin yang bentuknya agak tajam, sudutnya dapat menusuk tubuh tanpa disadari. Sangat disarankan untuk melepas kalung sebelum tidur untuk menghindari risiko tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Iritasi Kulit

Perhiasan dapat menyebabkan kulit iritasi karena beberapa bahan yang digunakannya. Bahan-bahan itu seperti nikel yang dapat menimbulkan reaksi gatal dan merah.

Beberapa orang cenderung memilih perhiasan berbahan emas dan perak, karena dianggap aman dari alergi. Tetapi, kedua bahan itu tidak menjamin sepenuhnya, karena emas dan perak sering kali juga memiliki kandungan logam lain.

Jika memiliki kulit yang rentan alergi dan sensitif, pastikan perhiasan itu terbuat dari emas 14 karat atau lebih tinggi. Karat yang lebih tinggi kemungkinan kecil tidak menimbulkan reaksi alergi karena emasnya lebih murni.

5 dari 6 halaman

4. Penumpukan Bakteri

Bahaya lain dari tidak melepas perhiasan sebelum tidur yaitu adanya penumpukan bakteri. Terutama jika perhiasan itu jarang dibersihkan. Sehingga dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kotoran.

Perhiasan yang bersentuhan dengan kulit dapat menimbulkan kelembaban. Tempat lembab itu menjadi lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri dan kotoran. Oleh karena itu, sangat penting untuk melepas perhiasan sebelum tidur.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: