Sukses

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kuku

Meskipun telah merawat kuku dengan baik, kebiasaan sehari-hari ini bisa dengan mudah merusak kuku Anda lho.

Liputan6.com, Jakarta Kuku merupakan salah satu hal penting dan kerap diperhatikan oleh kebayakan wanita. Seperti rambut dan kulit, kuku menjadi bagian tubuh yang perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Sayangnya, meskipun sudah membersihkan hingga melakukan perawatan, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari justru merusak kuku dan membuatnya terlihat lebih buruk.

Kira-kira apa saja kebiasaan buruk tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kuku Anda.

 

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sering Menggunakan Hairspray

Tanpa sadar Anda akan merusak kuku ketika menggunakan hairspray terlalu sering. Semprotan rambut yang mengandung 50% alkohol itu sudah cukup membuat kuku Anda kering dan rapuh.

Meskipun hairspray mampu membantu membuat penampilan Anda lebih menarik, hal itu juga dapat mengacaukan perawatan kuku Anda. Senyawa yang terkandung dalam hairspray dapat merusak kuku, bahkan itu bisa menghilangkan noda cat kuku dari pakaian Anda.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Menggunakan Kuku sebagai Alat Bantu

Kita seringkali menggunakan kuku sebagai "alat" seperti membuka kaleng soda atau mengikis stiker harga dari waktu ke waktu. Hal tersebut akan menekan dan membuat kuku Anda rusak kalau dilakukan secara terus menerus. Selain itu, menggunakan kuku untuk hal-hal yang tidak seharusnya dapat membuat kuku trauma ringan sehingga mudah patah.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Menghilangkan Kutikula

Saat melakukan manikur, sebagian wanita akan menghilangkan kutikula agar kuku terlihat rapi dan tetap segar lebih lama. Padahal kutikula dapat melindungi kuku Anda dari berbagai infeksi. Ketika kutikula dibersihkan, kuku akan lebih rentan terhadap kuman dan bakteri yang selanjutnya dapat menyebabkan penyakit pada kuku.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kuku Tetap Panjang

Kebanyakan wanita sengaja memanjangkan kukunya sehingga dapat bereksperimen dengan berbagai desain dan warna. Namun, kuku yang tetap pendek jelas terlihat lebih sehat. Kuku yang panjang akan dengan mudah terkena kotoran dan bakteri sehingga berpotensi menyebarkan infeksi.

Selain itu, ekstensi kuku palsu juga dapat merusak kuku Anda. Pasalnya, agar kuku akrilik menempel, Anda harus mengikir kuku asli yang akan membuatnya semakin tipis dan lemah.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Meninggalkan Cat Kuku Lebih Lama

Mungkin Anda tak punya waktu untuk membersihkan cat kuku yang telah terkelupas dengan benar. Namun, hal tersebut akan merusak kuku jika dibiarkan selama berminggu-minggu.

Sama seperti kulit, kuku Anda juga dapat menyerap zat yang dioleskan ke permukaannya. Berilah istirahat pada kuku Anda dan hilangkan cat kuku selama beberapa minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.