Sukses

Studi: Orang Dewasa 20-49 Tahun Paling Banyak Menyebarkan Covid-19

Kelompok orang dewasa usia tertentu diklaim bertanggung jawab terhadap penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Dengan diluncurkannya program vaksinasi Covid-19 massal di seluruh dunia telah menawarkan harapan baru bagi masyarakat. Namun meski demikian, kasus infeksi baru masih terus dilaporkan setiap hari sehingga penting untuk terus mengikuti protokol kesehatan agar tetap aman.

Saat Anda berada di tempat umum, sulit untuk menentukan dengan tepat bagaimana Anda bisa terinfeksi Covid. Sesuai studi baru, Anda dapat melindungi diri sendiri dengan menjauh dari sekelompok orang dewasa dengan usia tertentu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Orang dewasa 20-49 tahun paling banyak menularkan Covid

Melansir dari Timesofindia, orang dewasa dilaporkan satu-satunya kelompok yang masih menyebarkan virus menular itu. Hal tersebut disimpulkan setelah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Imperial College London menggunakan data ponsel lebih dari 10 juta orang di AS.

Temuan tersebut mengungkapkan bahwa orang dewasa antara 20 hingga 49 tahun telah menjadi satu-satunya yang secara signifikan bertanggung jawab atas peningkatan kasus COVID. Dari 100, sekitar 65 kasus infeksi berasal dari kelompok usia ini.

 

3 dari 5 halaman

Lansia dan anak-anak bukan penyebar utama Covid

Sejauh menyangkut orang dewasa yang lebih tua, mereka lebih rentan terhadap virus tetapi mereka cenderung tidak menyebarkannya ke orang lain.

Sementara anak-anak dan remaja bertanggung jawab atas penyebaran virus yang minimal. Berdasarkan data, anak-anak berusia 9 dan lebih muda dari 9 berkontribusi terhadap kurang dari 5 persen infeksi, sedangkan mereka yang berusia 10 hingga 19 tahun bertanggung jawab atas kurang dari 10 persen.

 

4 dari 5 halaman

Orang dewasa harus jadi yang paling rajin lakukan protokol kesehatan

Berdasarkan temuan baru-baru ini, para peneliti menyimpulkan bahwa tindakan pencegahan ekstra diperlukan di kalangan orang dewasa. Mereka yang termasuk kelompok usia 20 hingga 49 harus ekstra hati-hati dan harus rajin mengikuti protokol kesehatan.

Mereka harus menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari virus yang menular.

5 dari 5 halaman

Infografis cegah penyebaran Covid-19 saat libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.