Sukses

Bikin Rambut Rusak, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Keramas

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti mandi, keramas merupakan kebiasaan yang dilakukan banyak orang untuk menjaga kebersihan diri khususnya rambut. Umumnya orang keramas dua hari sekali, namun ada pula yang lebih senang keramas setiap hari.

Keramas harusnya menjadi saat yang tepat untuk membantu rambut tumbuh dengan sehat. Tapi jarang orang yang melakukan kesalahan saat keramas sehingga membuat rambut rusak.

Sayangnya banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan-kesalahan saat keramas yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Dikutip dari Good Housekeeping, berikut ini deretan kesalahan yang kerap orang lakukan saat keramas.

 

2 dari 7 halaman

1. Terlalu Sering Keramas

Banyak orang beranggapan dengan mencuci rambut setiap hari akan membuatnya sehat. Padahal anggapan ini salah loh. Jika rambut Anda kering atau rusak, tidak keramas setiap hari dapat menjaganya tetap terhidrasi, berkat minyak alami yang terkandung di dalamnya, kata Direktur GH Beauty Lab, Birnur Aral.

3 dari 7 halaman

2. Menggunakan Sampo Terlalu Banyak

Saat keramas usahakan untuk jangan terlalu banyak menggunakan sampo. Mulailah dengan sesendok kecil dan tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan. "Sampo yang berlebihan tidak akan membuat rambut lebih bersih, itu hanya akan membuat rambut lebih sulit untuk dibilas, dan terlalu banyak kondisioner dapat meninggalkan penumpukan di kulit kepala," kata ahli kimia GH Beauty Lab Danusia Wnek.

4 dari 7 halaman

3. Tidak Membersihkan Kulit Kepala Secara Menyeluruh

Orang-orang cenderung menggunakan sampo di satu tempat dan akhirnya tidak mendapatkan pembersihan menyeluruh.

"Ratakan ke telapak tangan Anda, lalu gunakan jari Anda untuk mengaplikasikannya dari kulit kepala sampai ke ujung," kata Dixon dari Pantene

5 dari 7 halaman

4. Anda Meninggalkan Sisa Sampo

Usai keramas, bilaslah sampai benar-benar bersih. Jika Anda memiliki helai rambut yang keriting atau rusak, lepaskan dengan lembut menggunakan sisir bergigi jarang sebelum membilas kondisioner untuk mencegah kerusakan.

"Bilas sampai Anda tidak merasakan residu untuk memastikannya benar-benar bersih," saran Dixon.

6 dari 7 halaman

5. Anda Tidak Menangani Ketombe dengan Benar

Rambut sehat benar-benar dimulai dari kulit kepala Anda. Pijat kepala Anda saat keramas untuk menghilangkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi. Jika Anda merasa gatal atau mengelupas, coba tambahkan sampo dan kondisioner anti ketombe ke dalam rutinitas Anda.

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: