Sukses

Biasa Bagi Orang Indonesia, 5 Kebiasaan Ini Malah Dianggap Tak Sopan di Negara Lain

Berikut deretan hal sopan yang masyarakat Indonesia lakukan, namun dianggap tak sopan di negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara tentu memiliki tradisi yang berbeda-beda. Bisa jadi hal yang dianggap baik di Indonesia, justru dianggap buruk di negara lain. Sama halnya dengan beberapa kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia.

Rupanya tak sedikit hal-hal yang sering kita lakukan justru dianggap tak sopan di beberapa negara lain. Contohnya saja seperti kebiasaan senyum. Tentu hal ini dianggap sangat sopan di Indonesia, namun hal ini tidak berlaku di Rusia. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan hal sopan yang masyarakat Indonesia lakukan namun dianggap tak sopan di negara lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Senyum

Masyarakat Indonesia dikenal dengan keramahannya. Tak heran salah satau kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia yakni tersenyum. Tak hanya kepada orang yang dikenal, kita kerap melempar senyum meski kepada orang yang kita lihat di jalanan.

Namun, rupanya hal ini tak berlaku di Rusia. Pasalnya Anda tak bisa seenaknya senyum kepada orang lain. Mengapa demikian? Bagi orang Rusia senyum menjadi pertanda Anda tertarik kepada seseorang.

Itu kenapa senyum hanya bisa diberikan kepada mereka yang saling kenal. Di sana, penjaga toko bahkan tidak akan memberikan senyuman untuk pelanggannya karena akan dianggap tak sopan. Hal ini nampaknya telah menjadi tradisi bagi orang Rusia. Jadi jangan heran ya kalau orang Rusia tak pernah senyum ke sembarang orang.

3 dari 6 halaman

2. Uang Tip

Memberikan uang tip nampaknya telah menjadi hal yang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Orang yang memberi tip di Indonesia bahkan dianggap dermawan, tapi tidak di Jepang. Jika Anda memberikan uang tip justru akan dianggap penghinaan. Oleh karena itu, pemberian tip di sana sangat dihindari oleh masyarakat.

4 dari 6 halaman

3. Menghabiskan Makanan

Jika bertamu ke rumah seseorang dan disuguhkan makanan, kita tentu akan berusaha menghabiskannya ya. Hal ini dilakukan untuk menghargai sang tuan rumah.

Namun di Tiongkok, tamu justru akan menyisakan makanan yang disuguhkan tuan rumah. Pasalnya piring yang bersih menandakan si tuan rumah tak memberikan santapan kepada tamu dengan cukup.

5 dari 6 halaman

4. Duduk di Kursi Belakang Sopir

Di Indonesia sudah menjadi hal lumrah jika Anda duduk di kursi belakang ketika naik Taksi. Namun, di Irlandia ada sebuah tradisi yang cukup unik.

Para penumpang taksi di Irlandia biasanya selalu duduk di samping sopir. Hal ini sebagai anggapan bahwa kedudukan antara sopir dan penumpangnya sama dan tak ada kesenjangan.

6 dari 6 halaman

5. Membuka Hadiah

Ketika diberikan hadiah oleh orang lain, tak sedikit masyarakat Indonesia yang langsung membukanya dengan senang hati.

Hal ini ditujukan untuk menghargai si pemberi dan menunjukkan antusiasme atas hadiah yang diterima. Namun, di India jika melakukan hal ini Anda justru akan dianggap serakah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.