Sukses

5 Mitos Terkait Belly Fat Ini Harus Anda Setop Percayai

Ada beberapa mitos terkait belly fat yang harus Anda berhenti percayai

Liputan6.com, Jakarta Penyimpanan lemak berlebih dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis. Namun, menyimpan lemak di beberapa area tertentu di tubuh ternyata memiliki efek lebih buruk bagi kesehatan.

Secara umum, wanita memiliki persentase lemak tubuh lebih besar dari pria. Bila wanita membawa lebih banyak lemak di sekitar kaki, pinggul dan pantat, serta dada dan lengan atas, maka pria memiliki lebih banyak lemak visceral yang disimpan di dalam dan di sekitar organ perut.

Visceral fat atau belly fat yang terkumpul di sekitar perut, patut diwaspadai. Ini selalu dihubungkan dengan penyakit-penyakit serius dan berpotensi menjadi kanker.

Berikut ini beberapa mitos terkait belly fat yang patut Anda ketahui. Dilansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Punya target penurunan berat badan adalah mustahil

Tidak ada olahraga yang dapat membantu Anda mengurangi lemak untuk beberapa area tertentu. Anda akan menurunkan berat badan secara perlahan dari setiap area tubuh Anda - paha, lengan, dan perut.

Memiliki target penurunan berat badan adalah sesuatu yang mustahil. Latihan seperti crunch, v-up memang mengaktifkan otot di sekitar perut, tetapi itu tidak berarti Anda akan menurunkan berat badan lebih cepat.

 

3 dari 6 halaman

2. Lemak perut sama seperti lemak tubuh lainnya

Adalah umum untuk berpikir bahwa semua jenis lemak yang ada di dalam tubuh adalah sama, padahal sebenarnya tidak. Lemak yang terkumpul di sekitar area perut jauh lebih berbahaya daripada lemak yang ada di bagian tubuh lainnya.

Lemak perut, juga dikenal sebagai lemak viseral, terakumulasi jauh di bawah kulit, di sekitar organ, dan sering kali menyebabkan masalah kesehatan seperti resistensi insulin, diabetes tipe 2, masalah kardiovaskular.

 

4 dari 6 halaman

3. Makanan tertentu bisa membakar lemak perut

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi makanan seperti makanan pedas dapat membantu membakar lemak perut lebih cepat. Namun, ini hanyalah klaim dan tidak menunjukkan hasil apa pun.

Hanya ada sedikit kemungkinan hal itu dapat meningkatkan metabolisme Anda, yang dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Tapi tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan khusus dari area perut.

 

5 dari 6 halaman

4. Mengenakan alat pengecil perut bisa efektif

Anda mungkin menemukan banyak iklan alat pengecil perut di televisi yang menjanjikan hasil yang cepat. Izinkan kami memberi tahu Anda bahwa peralatan mewah itu tidak benar-benar berfungsi.

Tidak ada jalan pintas untuk menghilangkan lemak perut, setidaknya tidak dengan memakai alat tersebut. Untuk mengurangi berat badan, olahraga dan diet adalah keharusan.

 

6 dari 6 halaman

5. Menghindari makanan berlemak akan membantu menghilangkan lemak perut

Makan makanan berlemak bukanlah sesuatu yang menyebabkan perut buncit. Ini adalah akibat dari pola makan yang tidak sehat, tidak aktif, pola tidur, dan kebiasaan gaya hidup lainnya.

Hanya dengan membuat perubahan di setiap area dan mempraktikkan kebiasaan gaya hidup sehat Anda akan dapat mengurangi beberapa senti dari lingkar pinggang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.