Sukses

6 Cara Ampuh Basmi Serangga di Rumah dengan Bahan Alami

Nah, penasaran bahan alami apa saja yang ampuh membasmi serangga? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rumah yang bersih dan terbebas dari serangga tentu didambakan setiap individu. Kehadiran serangga di rumahmu tentu akan membuatmu kesal, bukan?

Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir serangga di dalam rumah. Biasanya hal yang paling sering digunakan yakni insektisida atau semprotan pembasmi serangga. Hanya saja, bahan kimia pada semprotan serangga tersebut bisa membuat risiko bagi kesehatan.

Namun nyatanya, ada bahan alami yang dijamin ampuh membasmi serangga di rumah. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir Bright Side, Senin (19/10/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tanaman Tomat

Daun tomat secara alami mengandung zat yang disebut IBI 246, yang bertindak sebagai penolak nyamuk dan kutu.

Studi ini menunjukkan bahwa itu sama efektifnya dengan DEET (obat anti nyamuk), tapi tanpa merusak lingkungan atau kesehatanmu.

3 dari 7 halaman

2. Campuran Cabai, Bawang Putih dan Air Sabun

Semprotan cabai digunakan sebagai pencegah serangga yang efektif. Tapi kamu harus berhati-hati untuk tidak menerapkannya pada apa pun yang bisa dimakan dan untuk menghindari kontak mata dan tanganmu.

Kamu juga bisa memadukannya dengan bawang putih dan sedikit sabun.

4 dari 7 halaman

3. Pakai LED

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016, menyimpulkan bahwa meski semua lampu menarik serangga, LED memiliki potensi untuk mengurangi jumlah tamu yang tidak diinginkan jika dibandingkan dengan lampu biasa.

Jika kamu benar-benar membutuhkan lampu menyala di malam hari, kamu mungkin mempertimbangkan untuk mengganti bohlam LED.

5 dari 7 halaman

4. Makan Bawang Putih

Selama percobaan yang dilakukan dengan personil militer Swedia, para peneliti menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi bawang putih pekat dosis tinggi secara signifikan lebih sedikit digigit oleh kutu daripada rekan-rekan mereka.

6 dari 7 halaman

5. Minyak Lemon atau Peppermint

Meski tidak seefektif picaridin biasa, semprotan minyak atsiri (minyak peppermint dan lemon) buatan rumah memiliki efek anti nyamuk, semut dan serangga lainnya.

Kunci agar berhasil mengusir serangga dengan minyak esensial, yakni kamu harus menerapkan semprotan setiap jam dan harus memiliki minyak dengan konsentrasi setidaknya 10% dan hingga 50%.

7 dari 7 halaman

6. Membakar Tanaman Seperti Kayu Putih

Menggunakan api untuk menakuti binatang atau serangga menjadi teknik yang telah digunakan sejak lama. Api unggun besar belum tentu diinginkan atau dibutuhkan di rumah, tapi nyatanya asap yang dihasilkan berfungsi sebagai penolak yang efektif, tergantung pada apa yang kamu bakar.

Studi ini menunjukkan bagaimana berbagai asap tanaman, termasuk kayu putih bisa menjadi pengusir serangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.