Sukses

5 Kebiasaan Makan Ini Dianggap Buruk di Sejumlah Negara

Liputan6.com, Jakarta Sopan santun seseorang dapat dilihat dari etiketnya di meja makan. Cara duduk, makan, dan minum bisa mencerminkan banyak hal tentang seseorang.

Di beberapa negara terdapat tata krama saat makan yang harus dipatuhi agar tidak dianggap tidak sopan. Namun, tak jarang etika di meja makan itu sangat aneh dan ganjil.

Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir dari Wonderlist.

2 dari 7 halaman

1. Menghabiskan semua makanan di meja

Anda pasti dimarahi jika meninggalkan sesuatu yang belum selesai di piring atas piring. Orang tua Anda mungkin telah memberi tahu Anda bahwa ada begitu banyak yang bahkan tidak cukup beruntung untuk menikmati satu kali makan dan Anda membuang-buang makanan.

Namun, etiket makanan enak yang telah lama diajarkan pada Anda ini tidak akan dihargai di Tiongkok.

Di China, orang percaya bahwa membersihkan piring menunjukkan Anda masih lapar dan tuan rumah tidak menawarkan cukup makanan.

Itu adalah penghinaan besar bagi mereka. Namun, jika Anda berada di India atau Jepang dan meninggalkan sedikit makanan di piring, maka itu dapat dianggap tidak menghormati.

3 dari 7 halaman

2. Menancapkan sumpit ke nasi

Saat Anda berada di Jepang dan menikmati makanan, pastikan untuk menyatukan sumpit Anda, sejajar dengan tepi meja tepat di depan Anda.

Selain itu, aturan lain yang harus Anda ikuti adalah jangan menempelkan sumpit secara tegak ke dalam mangkuk nasi.

Hal ini identik dengan hal buruk. Jika Anda melakukannya, maka diyakini akan ada kejadian buruk menimpa Anda.

4 dari 7 halaman

3. Mendentingkan gelas

Saat Anda mengucapkan "Slainte" atau "Cheers", kemungkinan besar Anda juga akan mendentingkan gelas Anda dengan gelas teman Anda dan kemudian mulai menikmati minuman Anda.

Namun, jika Anda berada di Hongaria, Anda bahkan tidak boleh mencoba melakukan hal seperti itu. Ini tidak hanya dianggap kasar tetapi Anda bahkan bisa dimarahi oleh orang yang lebih tua yang melihat Anda melakukan itu.

Alasan di balik kebiasaan aneh ini terkait dengan tindakan bermuatan politik. Ketika pada tahun 1848 pemerintah Austria menumpas pemberontakan Hongaria, ada perayaan publik oleh para pemimpin Austria di mana mereka mendentingkan gelas dan tindakan ini mengingatkan orang-orang Hongaria akan kejadian itu.

5 dari 7 halaman

4. Menolak minuman

Jika Anda berada di Rusia dan seseorang menawari Anda minuman. Itu menandakan persahabatan dan kepercayaan, dan jika Anda menyangkalnya maka itu adalah kecerobohan.

Orang lokal kemungkinan akan tersinggung jika Anda menolak tawaran minuman mereka dan mereka kemudian akan melemparkan gelas itu.

Selain itu, vodka harus diminum dengan rapi, tanpa es, karena menambahkan es dianggap membahayakan kemurnian minuman. Jika beberapa bir dicampur dengan vodka maka itu tidak masalah, karena itu akan menciptakan campuran kuat yang disebut "yorsh" oleh orang Rusia.

6 dari 7 halaman

5. Membalikkan ikan

Anda kemungkinan besar membalikkan ikan utuh setelah Anda selesai makan satu sisi dan ini normal bagi. Namun, saat berada di China, khususnya China bagian selatan dan Hong Kong, sebaiknya jangan lakukan ini.

Membalik ikan di China adalah "dao yue" atau nasib buruk. Ketika Anda membalik ikan, Anda seperti mengatakan biarkan perahu nelayan itu terbalik.

Mereka yang sangat percaya takhayul bahkan tidak akan memakan bagian bawah. Maka banyak dari mereka yang akan menarik tulang untuk mencapai bagian bawah.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: