Sukses

Agar Tak Jenuh, Coba 9 Kegiatan Seru Ini di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Berikut deretan kegiatan seru yang dapat kalian lakukan di rumah selama pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih mewabah, hal ini membuat kita untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tentu saja hal tersebut guna meminimalisir risiko penularan virus tersebut. 

Tentu banyak dari kalian yang menghabiskan banyak waktu di rumah untuk bermain gawai. Bagaimana tidak ponsel pintar memang menjadi salah satu benda yang tidak bisa luput dari penglihatan, terlebih untuk urusan pekerjaan maupun belajar. 

Meski begitu, bukan berarti gawai adalah satu-satunya hiburan yang bisa kalian lakukan selama di rumah saja loh. Pasalnya masih ada kegiatan lain yang bisa kita lakukan. Sebelum adanya gawai, banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan.

Banyak kegiatan seru yang bisa Anda coba untuk menghibur diri ataupun menemukan bakat yang mungkin selama ini terpendam. Dilansir dari laman Huffpost, berikut kegiatan seru yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan gawai.

1. Melukis atau mewarnai

 

Anda bisa melukis menggunakan kanvas ataupun kertas. Kalau Anda senang bermain warna, hampir semua toko buku menyediakan buku mewarnai untuk orang dewasa. Kegiatan ini dapat meredakan stres dan kecemasan.

2. Bermain dengan binatang peliharaan

Melihat video kucing lucu di YouTube mungkin terasa sangat seru dan menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan bermain dengan hewan peliharaan di kehidupan nyata. Penelitian telah membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan mampu menurunkan stres secara signifikan.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menulis

Penelitian telah menunjukkan bahwa menuliskan apa yang Anda syukuri bisa berdampak positif pada kebahagiaan secara keseluruhan dan tindakan fisik menulis bahkan dapat membantu Anda belajar lebih baik.

Di masa pandemi ini, Anda bisa menulis dengan cara lama, seperti menggunakan buku. Jika Anda punya ide cerita tertentu, barangkali Anda bisa membuat cerita pendek atau novel.

4. Membaca buku

Membaca memang sangat bermanfaat bagi otak. Membaca cerita yang bagus dapat mengurangi stres, membantu tidur jadi lebih nyenyak dan membuat Anda lebih berempati. Tapi ingat,lebih baik Anda membaca buku sungguhan bukan melalui Kindle.

3 dari 4 halaman

5. Mengasah otak dengan kuis

Jika Anda berlangganan koran, biasanya pada salah satu halamannya terdapat permainan seperti sudoku atau teka-teki silang. Kegiatan ini akan membuat Anda lebih produktif, meningkatkan kreativitas serta mengasah otak. Di beberapa toko buku maupun penjual majalah, biasanya masih ada yang menjual buku khusus teka-teki silang.

6. Belajar alat musik

Belajar memainkan alat musik dapat mengurangi stres, terkait dengan pemrosesan suara yang lebih baik dan membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam.

Memainkan alat musik juga bisa membuat Anda lebih kreatif dan mendapatkan ide-ide baru. Masa pandemi ini adalah waktu yang tepat untuk mempelajari alat musik yang selama ini Anda suka.

 

4 dari 4 halaman

7. Bermain puzzle

Bermain puzzle adalah salah satu kegiatan seru untuk menghabiskan waktu. Anda bisa membeli puzzle dengan berbagai ukuran dan tingkat kesulitan. Kalau sudah jadi, berilah bingkai dan bisa menjadi pajangan di rumah.

8. Melihat album foto lama

Album foto ini bukan yang ada di Facebook atau ponsel Anda, tapi album foto yang sebenarnya atau dalam bentuk fisik. Penelitian menunjukkan bahwa sedikit nostalgia sebenarnya bisa menjadi hal yang baik.

Menurut studi 'Buletin Psikologi Kepribadian dan Sosial', merenungkan masa lalu dapat meningkatkan optimisme untuk masa depan karena hal itu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

9. Memasak

Memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mencoba berbagai menu baru dan mengajak anggota keluarga untuk ikut membantu. Bagi yang belum bisa memasak, ini adalah waktu yang tepat untuk belajar masak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.