Sukses

Perilaku Beracun, Ini 6 Tanda Bos Cuma Memanfaatkan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua mencari penghargaan atas pekerjaan kita, akan tetapi kita juga mungkin tak selalu mendapatkan penghargaan yang pantas kita terima. Akan tetapi, akan menjadi sangat sulit ketika atasan Anda mulai meremehkan Anda.

Anda diberi pekerjaan pada jam-jam yang tak biasa, Anda menangani paling banyak pekerjaan namun dibebani lebih banyak pula, jangan lupa bahwa Anda juga diperlakukan dengan buruk. Faktanya, Anda berusaha tetap bertahan dengan harapan akan mendapat penghargaan atas apa yang Anda lakukan.

Hubungan semacam ini bisa menjadi sangat beracun dan bisa melemahkan harga diri serta kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penting untuk melihat tanda-tanda bahwa atasan Anda hanya sebatas memanfaatkan Anda belaka.

Melansir dari TimesofIndia, berikut ini beberapa tandanya:

 

2 dari 8 halaman

1. Mereka terus memberi Anda tugas bahkan sebelum Anda menyelesaikannya

Beberapa bos adalah pecandu kerja, sampai-sampai tak menyadari bahwa mereka terus-menerus memberikan tugas pada satu orang. Mereka memberi Anda tugas, Anda setuju, kemudian mereka memberi Anda sesuatu yang lain di antaranya saat Anda bahkan belum menyelesaikan yang pertama.

Kemudian mereka menyadari tugas pertama belum selesai dan menyalahkan Anda. Berhati-hatilah terhadap bos yang seperti ini.

 

3 dari 8 halaman

2. Mereka menggunakan kesuksesan Anda sebagai indikasi kesuksesan mereka

Beberapa bos memanfaatkan kesuksesan karyawan mereka. Jika Anda selalu bekerja dengan baik di bawah mereka, mereka pasti ingin mengambil pujian atas kesuksesan Anda.

Bahkan, mereka juga akan mengukur seberapa sukses mereka mengandalkan kesuksesan Anda. Mereka selalu memuji diri sendiri karena telah melakukan pekerjaan yang baik dalam melatih Anda. Mereka menyatakan bahwa karena mereka, semua proyek berhasil ketika Anda benar-benar melakukan semua upaya yang diperlukan.

 

4 dari 8 halaman

3. Mereka menyetujui pengajuan cuti/liburan semua orang kecuali Anda

Ketika harus mengambil cuti beberapa hari, atasan Anda akan berpikir bahwa mereka terlalu banyak mengizinkan Anda pergi. Tapi saat orang lain melakukannya, mereka menyetujuinya begitu saja. Dalam beberapa kasus, atasan bahkan tidak mengizinkan karyawannya mengambil cuti saat mereka ingin pergi berlibur.

 

5 dari 8 halaman

4. Anda yang dipanggil pertama kali saat orang lain tidak bekerja dengan benar

Atasan Anda akan memastikan bahwa Anda adalah orang pertama yang dihubungi ketika beberapa anggota tim lain tidak melakukan pekerjaan dengan benar atau hal lainnya. Mereka akan menempatkan proyek ekstra yang ditugaskan orang lain pada Anda.

Mereka bahkan meminta Anda untuk mulai bekerja lebih awal selama beberapa hari agar proyek tambahan itu selesai. Dan ketika Anda mulai memberi alasan mengapa Anda tak bisa mengambil lebih banyak pekerjaan, mereka akan mencoba melakukan segalanya untuk meyakinkan Anda agar mengambil proyek itu.

 

6 dari 8 halaman

5. Anda tak pernah mendapatkan promosi yang layak Anda dapatkan

Anda tahu bahwa Anda telah bekerja dengan baik. Atasan Anda mengandalkan Anda tiap kali mereka membutuhkan Anda. Mereka bahkan terus maju dan memuji pekerjaan Anda di depan anggota tim lainnya.

Tapi dalam hal memberi Anda promosi, mereka selalu mundur dan memberikannya kepada orang lain yang belum pernah bekerja sekeras Anda untuk promosi itu.

 

7 dari 8 halaman

6. Anda harus selalu tersedia setiap saat

Atasan Anda tak menerima jawaban tidak. Mereka selalu mengharapkan Anda tersedia bahkan di luar jam kerja.

Mereka juga memastikan mereka menugaskan Anda satu atau dua tugas sebelum atau sesudah jam kerja Anda dan berharap itu dapat selesai tepat waktu.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: