Sukses

Keren, Mahasiswa Asal Vietnam Buat Batmobile Sendiri

Rogoh kocek hingga Rp 500 juta, mahasiswa asal Vietnam ini buat Batmobile sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Seorang penggemar film Batman asal Vietnam menghabiskan lebih dari $20.000 untuk membuat Batmobile fungsionalnya sendiri.

 

Nguyen Dac Chung, seorang mahasiswa arsitektur berusia 23 tahun dari Hanoi selalu bermimpi mengendarai mobil Batmobile ikonik yang dipamerkan dalam trilogi 'The Dark Knight'.

Tahun lalu dia pun memutuskan untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Dia membutuhkan waktu 10 bulan dan merogoh kocek lebih dari 500 juta VND ($ 21.700) dari uangnya sendiri ke dalam proyek ini. Kini dia memiliki Batmobile fungsional seukuran aslinya.

Meski baru 90 persen selesai, Nguyen Dac Chung telah menarik perhatian di jalan Hanoi dan telah ditampilkan di berita utama media-media lokal Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses pengerjaan

Melalui sebuah video di channel Youtube VnExpress International, Dac Chung mengatakan bahwa ada 6 orang lain yang mengerjakan proyek ini. Untuk membuat frame dari mobil ini, dia membuat replika 3D yang diambil dari film Batman. Bagian tersulit dari pengerjaan mobil ini ialah ketika mengumpulkan bagian-bagian untuk merakitnya.

“Untuk bagian body bisa ditemukan di Vietnam, namun untuk ban dan beberapa bagian lain saya harus memesan dari luar negeri,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kecepatan

Batmobile buatan sendiri ini didukung oleh mesin empat silinder 400 cc dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam. Sistem suspensi terdiri dari 4 peredam kejut depan dan 2 peredam kejut belakang, dan spoiler mobil dapat disetel melalui sistem pneumatik.

4 dari 4 halaman

Pengusaha

Bagian dalam Batmobile ini memiliki cukup ruang untuk dua orang meski ini tidak sama seperti Batmobile yang di film Dark Knight sungguhan. Dac Chung mengakui bahwa dia masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bagian interior, terutama pencahayaan.

Selain belajar arsitektur, Dac Chung juga seorang pengusaha dan menggunakan keuntungan bisnisnya untuk membiayai proyek Batmobile-nya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.