Sukses

5 Manfaat Jalan Pagi Bagi Tubuh, Perbaiki Mood hingga Tingkatkan Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Memulai rutinitas hidup sehat saat pagi hari merupakan awal yang baik. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga.

Olahraga sederhana yang dapat kita lakukan di pagi hari adalah jalan kaki. Berjalan kaki saat pagi hari selama 30 menit memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Udara pagi hari yang segar dan belum tercemar polusi dapat menenangkan saraf, meningkatkan suasana hati, dan memberikan energi positif bagi tubuh.

Jalan pagi hari mungkin terlihat seperti olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan daripada rutinitas gym atau olahraga yang intensif. Namun, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa jalan pagi sangat efektif untuk membakar lemak.

Berikut beberapa manfaat dari jalan pagi yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Jalan kaki saat pagi hari dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan mendapatkan energi positif untuk menjalani hari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama setengah jam hingga satu jam memiliki efek positif yang signifikan bagi seseorang yang mengalami Depresi.

Berjalan kaki juga dapat membantu melindungi ingatan Anda dan meningkatkan keterampilan kognitif. Saat berjalan, aliran oksigen dan darah ke otak meningkatkan fungsi otak sehingga menjadi lebih waspada.

3 dari 7 halaman

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Berjalan kaki di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kontrol darah dan manajemen insulin pada diabetes tipe 2. Berjalan dapat membakar kalori sehingga mencegah obesitas. Obesitas sendiri merupakan penyebab utama penyakit diabetes yang disebabkan karena gaya hidup jarang bergerak.

Saat berjalan kaki pada pagi hari, sel-sel otot akan menggunakan glukosa lebih banyak, membantu membakar lemak tubuh yang tidak diperlukan, dan membantu meningkatkan indeks massa tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Kreativitas

Sebuah studi Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition tahun 2004 menunjukkan bahwa berjalan bisa meningkatkan kreativitas.

Para peneliti melakukan tes berpikir pada dua subjek, yaitu orang yang sedang duduk dan sedang berjalan. Hasilnya, pejalan kaki lebih kreatif daripada seseorang yang terus duduk.

5 dari 7 halaman

4. Memperbaiki Mood

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, jalan pagi juga dapat meningkatkan self-esteem, mengurangi stres dan rasa cemas, serta memperbaiki suasana hati.

Selain itu, jalan pagi juga dapat mengikis gejala depresi dan menurunkan risiko untuk terkena kondisi depresi.

6 dari 7 halaman

5. Memperkuat Otot

Berjalan kaki saat pagi hari dapat memperkuat otot-otot di kaki. Agar hasilnya maksimal, Anda bisa berjalan dengan kecepatan sedang hingga cepat. Anda juga bisa menambahkan latihan untuk memperkuat kaki degan melakukan squat dan lunges beberapa kali dalam seminggu agar otot lebih sehat.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: