Sukses

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Tubuh Gemuk

Liputan6.com, Jakarta Tentu ada banyak hal yang kalian lakukan di pagi hari ya? Mulai dari bangun tidur, mandi, minum the, dan lain-lain.

Tanpa disadari rupanya kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Terlebih lagi, ada banyak kebiasaan yang kerap dilakukan oleh banyak orang tapi justru berdampak buruk pada tubuh.

Ya, rupanya ada banyak kebiasaan di pagi hari yang sering dilakukan dan ternyata bisa meningkatkan risiko kegemukan tanpa disadari. Lantas apa saja kebiasaan pagi hari yang bikin tubuh gemuk? Dikutip dari thehealthsite.com, berikut ulasannya.

Bangun Telat

 

Kita dianjurkan untuk tidur selama 6 sampai 8 jam setiap harinya. Nah, rupanya tidur lebih dari waktu tersebut justru tak baik dan bisa meningkatkan risiko kegemukan.

Terlebih lagi jika kalian terbiasa bangun kesiangan. Tak hanya meningkatkan risiko kegemukan, bangun kesiangan juga berisiko merusak sistem kerja tubuh dan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

2 dari 6 halaman

Tidak Merapikan Tempat Tidur

Banyak orang yang malas merapikan tempat tidurnya di pagi hari. Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa orang-orang yang malas merapikan tempat tidur mengalami peningkatan risiko obesitas atau kegemukan.

Tempat tidur yang kotor dan tidak nyaman akan membuat kualitas tidur tidak baik. Tidak baiknya kualitas tidur inilah yang memungkinkan seseorang mudah mengalami kegemukan.

3 dari 6 halaman

Membiarkan Kamar dalam Kondisi Gelap

Sebuah jurnal di PLoS One menyebutkan jika membiarkan suasana kamar selalu gelap saat pagi adalah kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko kegemukan. Kamar yang gelap juga meningkatkan risiko depresi, stres hingga pola makan buruk.

4 dari 6 halaman

Tidak Sarapan

Sesibuk apapun kalian, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Selain buruk buat kesehatan, melewatkan sarapan juga meningkatkan risiko kegemukan.

Mungkin banyak dari kalian yang berpikir bahwa tidak sarapan bisa membuat tubuh langsing. Hal ini salah besar. Melewatkan sarapan justru dapat meningkatkan risiko kegemukan, bikin gagal fokus, depresi, sistem metabolisme turun dan membuat porsi makan saat siang dan malam lebih besar.

5 dari 6 halaman

Tidak Menimbang Berat Badan

Jika ingin mendapatkan berat badan ideal, pastikan untuk rutin menimbang berat badan saat pagi. Menimbang berat badan juga merupakan salah satu langkah untuk mengontrol porsi makan dan mengetahui seberapa penting diet bagi kalian.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: