Sukses

9 Tanda Ini Tunjukkan Tubuh Anda Kekurangan Magnesium

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda terus-menerus merasa lelah, mata berkedut, dan mengalami kejang otot, kemungkinan besar Anda kekurangan magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan penyakit serius karena terlalu banyak proses dalam tubuh yang bergantung padanya.

Berikut ini tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh Anda saat ia kekurangan Magnesium. Melansir dari Brightside, ini dia.

1. Mengidam makanan manis

Keinginan yang begitu kuat untuk makan sesuatu yang manis menunjukkan bahwa ada kekurangan mineral tertentu dalam tubuh, khususnya magnesium. Kehilangan magnesium pada wanita sering dihubungkan dengan menstruasi dan pada atlet untuk latihan intensif ketika tubuh menghabiskan magnesium untuk kerja otot.

 

2 dari 6 halaman

2. Nyeri otot dan kram

Kram otot dan rasa sakit bisa sangat menyakitkan. Jika Anda mengalaminya secara teratur, ini bisa menjadi pertanda kadar magnesium yang rendah.

Magnesium dan vitamin D, E, serta B dapat mencegah kram otot. Kunjungi dokter untuk memeriksa kadar vitamin ini dan pastikan Anda mendapatkan dosis harian yang direkomendasikan.

3. Insomnia

Magnesium penting untuk fungsi yang disebut "relaksasi otak." Kemampuan otak ini membantu kita untuk rileks dan tertidur dengan tenang.

Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan kram otot. Ini menyebabkan sindrom kaki gelisah, suatu kondisi yang menyebabkan kaki gemetar di malam hari. Hasilnya, kualitas tidur menjadi lebih rendah.

 

3 dari 6 halaman

4. Penyakit tulang

Kekurangan magnesium juga dapat meningkatkan risiko mengembangkan masalah tulang. Ini dapat menyebabkan peningkatan risiko patah tulang.

Intinya adalah bahwa kekurangan magnesium dapat mengurangi tingkat kalsium dalam darah dan kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Refluks asam

Jika Anda memiliki kekurangan magnesium, makanan dan asam lambung mudah kembali ke kerongkongan. Ini menyebabkan sensasi terbakar yang disebut refluks asam atau mulas.

 

4 dari 6 halaman

6. Stres dan apatis

Magnesium adalah elemen penting untuk membangun sistem sarah yang kuat. Elemen ini bertanggung jawab untuk relaksasi.

Saat tubuh kekurangan magnesium, seseorang dapat merasa cemas dan stres tanpa sebab. Jadi, risiko depresi meningkat secara dramatis.

7. Sembelit

Ada banyak alasan mengapa Anda mengalami sembelit, mulai dari stres hingga konsumsi serat yang kurang. Magnesium punya efek relaksasi pada banyak bagian tubuh, termasuk saluran pencernaan.

Kekurangan magnesium akan membuat usus tak berfungsi baik dan menyebabkan sembelit.

 

5 dari 6 halaman

8. Kelelahan

Magnesium diperlukan untuk menghasilkan energi dalam sel. Tanpa magnesium, Anda tak memiliki energi yang cukup di tingkat sel.

Ini dapat bermanifestasi sebagai kelelahan, energi yang rendah, dan kurangnya mobilitas.

9. Sakit kepala parah

Jika Anda kekurangan magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D, itu dapat menyebabkan sakit kepala yang parah. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan migrain dan sering sakit kepala.

Dengan kekurangan mineral ini, pembuluh darah di otak dengan cepat menyempit dan mengembang yang merupakan penyebab migrain. Jumlah magnesium yang cukup dalam tubuh mengurangi risiko perubahan dalam pembuluh darah dan menghilangkan sakit kepala.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: