Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Sayur dan Buah Ungu

Liputan6.com, Jakarta - Sayur dan buah-buahan memang wajib dikonsumsi karena tinggi antioksidan, senyawa yang berperan besar dalam melindungi tubuh kita dari radikal bebas.

Untuk sayur, mungkin kamu lebih familiar dengan sayur hijau. Ternyata, sayuran berwarna-warni memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuhmu. Sayur dan buah-buahan berwarna ungu ampuh untuk menjaga kesehatan jantungmu dan membunuh sel-sel kanker.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi buah dan sayur ungu bagi kesehatan tubuhmu? Berikut ulasannya seperti melansir Boldsky, Minggu (12/1/2020).

1. Mencegah Asam Lambung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa anthicyanin yang ada dalam blackberry menurunkan pembentukkan tukak lambung. 

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

Para peneliti percaya bahwa anthocyanin ini mampu mencegah oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting lainnya, seperti glutathione yang secara alami ada dalam tubuh.

2 dari 7 halaman

2. Jantung Sehat

Buah bewarna ungu tertentu seperti blackcurrant dan bilberry memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Peningkatan kadar kolesterol LDL mengarah pada pembentukan plak di dinding arteri. Ini bisa menghambat aliran alami darah ke jantung dan seluruh tubuh, sehingga membuatmu berisiko besar terkena serangan jantung dan stroke.

3 dari 7 halaman

3. Menghambat Sel Kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa resveratrol yang terdapat dalam makanan bewarna ungu bisa menyebabkan kematian sel kanker pada kanker darah, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati dan kanker paru-paru.

Ubi jalar ungu memiliki kemampuan ampuh untuk melindungi dari kanker usus besar.

4 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Daya Ingat

Ubi jalar ungu diketahui memiliki efek meningkatkan daya ingat karena anthocyanin yang ada di dalamnya. Hal ini membantu dalam mencegah penurunan terkait usia sistem saraf sambil mempromosikan pembelajaran dan memori.

5 dari 7 halaman

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sayuran seperti kembang kol ungu, wortel ungu dan kubis ungu bisa melawan infeksi saluran kemih. Antosianin bisa mencegah borok dan peradangan yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri yang menyebabkan tukak lambung dan infeksi saluran kemih.

6 dari 7 halaman

6. Menurunkan Tekanan Darah

Anggur ungu, bilberry, cranberry dan blueberry mengandung resveratrol flavonoid yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Resveratrol membantu merelaksasi dinding arteri, yang memungkinkan sirkulasi darah lebih baik dari arteri.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Banyak Makan Sayuran Bisa Mencegah Kanker
Artikel Selanjutnya
Melawan Penuaan Dini dengan Kembang Kol