Sukses

Takut Udara hingga Tidur, Ini 5 Fobia Paling Aneh di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti memiliki fobia, mulai dari fobia yang kecil sampai ke fobia besar. Dari situ kehidupan sebagian orang hampir dilemahkan oleh ketakutan mereka.

Biasanya ketakutan tersebut tidak masuk akal atau irasional. Keadaan ini biasanya terjadi akibat trauma masa lalu sehingga menyebabkan rasa takut pada suatu objek tertentu.

Ternyata ada fobia aneh dan tidak lazim yang dialami individu di berbagai dunia. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Selfiephobia

Selfie atau swafoto memang disukai banyak individu, khususnya kaum hawa. Namun, di balik tren swafoto ini, ternyata ada orang-orang yang takut untuk berswafoto lo.

Penyebab ketakutan untuk selfie dan mengunggahnya di media sosial karena takut orang lain menyalahgunakan fotonya.

2 dari 6 halaman

2. Somniphobia

Somniphobia adalah ketakutan pada tidur. Gangguan tidur ini menyebabkan seseorang selalu ketakutan saat akan memejamkan mata. Seseorang yang mengidap fobia ini tak memiliki kualitas tidur yang baik dan kesehatannya akan menurun.

3 dari 6 halaman

3. Nomophobia

Nomophobia atau no mobile phone phobia adalah ketakutan jika tak mempunyai telepon genggam. Seseorang yang mengidap fobia ini akan merasa resah dan khawatir saat meletakkan atau menyimpan telepon genggamnya.

4 dari 6 halaman

4. Lalophobia

Seseorang yang mengidap lalophobia akan merasa takut ketika bicara. Mereka akan kesulitan saat berada di tengah orang banyak atau berada di tengah masyarakat.

5 dari 6 halaman

5. Anemophobia

Manusia membutuhkan udara untuk bernapas. Lalu bagaimana jika fobia terhadap udara? Anemophobia merupakan salah satu fobia yang berbahaya bagi kesehatan. Mereka takut terhadap udara dan tentunya juga takut untuk bernapas.  

Nah, apakah kamu mengalami salah satu dari fobia di atas?

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Odontophobia, Ketakutan Berkunjung ke Dokter Gigi