Sukses

Jangan Terkecoh, 5 Makanan Ini Justru Lebih Berbahaya dari Rokok

Liputan6.com, Jakarta - Merokok bisa jadi hal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Pasalnya rokok mengandung banyak racun yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, kanker mulut, serangan jantung, dan masih banyak lagi.

Namun banyak yang belum tahu bahwa ada pula beberapa makanan yang ternyata dikatakan lebih berbahaya dari rokok. Padahal makanan ini sering kita temui atau bahkan sering kalian konsumsi setiap hari.

Dikutip dari Bright Side, Jumat (13/9/2019), berikut lima makanan atau minuman yang nyatanya bisa lebih berbahaya dari rokok jika dikonsumsi secara berlebih.

1. Jus buah segar

 

Buah memang sangat penting untuk memenuhi nutrisi tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi buah bahkan setiap hari. Tidak hanya dimakan, banyak pula orang yang menikmati buah dengan cara diolah menjadi jus.

Namun, tahukah kamu bahwa buah yang telah diolah menjadi jus akan kehilangan banyak kandungannya. Seperti serat yang nyatanya memiliki peranan penting untuk mencegah diabetes, masalah jantung hingga obesitas. Selain itu, mengonsumsi buah dalam jumlah yang tidak terhitung justru bisa menyebabkan masalah kesehatan karena kandungan gula yang tinggi.

2 dari 6 halaman

2. Sushi

Sushi memang nikmat, tidak heran banyak orang yang gemar menyantap sushi. Namun, banyak kandungan pada sushi yang bisa menimbulkan berbagai penyakit yang cukup serius.

Seperti banyaknya kandungan mayones, saus, cream cheese dan beberapa toping lainnya yang kaya akan kalori. Untuk mencegah berat badan berlebih cobalah untuk memilih sushi roll dengan salmon atau sashimi.

3 dari 6 halaman

3. Ikan Budidaya

Ikan liar atau ikan dari laut kaya akan omega-3 yang bisa mencegah risiko penyakit jantung dan juga stroke. Sayangnya, ikan yang sering kali kita beli di supermarket bukanlah ikan yang didapat dari laut melainkan hasil peternakan.

Tidak hanya kekurangan nutrisi sehat, banyak pula peternak ikan yang memberikan bahan kimia untuk membuatnya lebih cepat tumbuh besar.

4 dari 6 halaman

4. Sereal

Banyak dari kamu yang memilih sereal sebagai menu sarapan lantaran sangat praktis untuk disajikan. Padahal saat proses pembuatannya banyak kandungan sereal yang hilang dan hanya tersisa banyak gula di dalamnya. Padahal gula bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

5 dari 6 halaman

5. Kedelai

Mengonsumsi kedelai secara berlebih bisa berbahaya bagi tubuh. Pasalnya kedelai tinggi akan isoflavon yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita. Hal ini mampu membuat wanita menderita infertilitas dan menjadi penyebab dari kanker payudara.

Mengonsumsi kedelai berlebihan juga mampu meningkatkan hormon tiroid pada tubuh sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, berkeringat, hingga muncul benjolan pada bagian leher. Tidak hanya itu, sebagian besar kedelai juga dimodifikasi secara genetik sehingga tak benar-benar ada kandungan yang bernutrisi di dalamnya.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Revisi Aturan Produk Tembakau Harus Libatkan Sektor Industri
Artikel Selanjutnya
CISDI: Gambar Peringatan Kesehatan di Bungkus Rokok Perlu Diperluas