Sukses

Pria Ciptakan 'Kursi Roda' Agar Ikan Mas Peliharaan Tetap Mengapung

Liputan6.com, Jakarta - Terdengar mengada-ada, tapi ikan mas ini menggunakan "kursi roda" berair untuk membantunya tetap mengapung. Penyayang binatang Henry Kim (32) menciptakan perangkat itu setelah beberapa ikan masnya mati karena gangguan berenang kandung kemih.

Penyakit tersebut membuat ikan mas melayang terbaik atau tenggelam. Henry kemudian googling mencari cara agar ikan-ikan peliharaannya bisa tetap hidup sampai ia membuat penemuan plastik cetakannya.

 

2 dari 5 halaman

Disebabkan oleh berbagai faktor

Menurut Henry seperti dikutip dari Mirror, ia memiliki lebih dari 20 ekor ikan mas dalam tiga tangki di rumahnya di Seoul, Korea Selatan. Penyakit yang diderita oleh ikan-ikannya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk makanan yang berlebihan atau air yang kotor.

"Saya sering menemukannya pada ikan dari Thailand atau Cina," ungkapnya.

 

3 dari 5 halaman

Bisa bertahan hidup lebih lama

Ia menambahkan bahwa biasanya ikan dengan gangguan seperti itu hanya hidup beberapa bulan. Tapi berkat perangkat tersebut, salah satu ikan miliknya bahkan bisa hidup hingga lima bulan lebih.

4 dari 5 halaman

Bukti kasih sayang pecinta ikan

Tak jauh berbeda dengan pecinta anjing atau kucing, pecinta ikan akan melakukan apapun agar ikan-ikan peliharaan mereka tetap hidup. Misalnya saja, pada tahun 2015 seorang pecinta ikan rela merogok kocek puluhan juta agar tumor yang dimiliki oleh ikan miliknya bisa diangkat.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading