Sukses

Patut Dicoba, 5 Cara Jitu untuk Meningkatkan Fokus di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun tidur, terkadang otak tak dapat langsung fokus untuk melakukan berbagai aktivitas. Terkadang seseorang akan mengalami momen saat bingung mencari pakaian, mencari barang, dan bersiap untuk melakukan aktivitas. Kamu pernah mengalami ini?

Kondisi tersebut tentu akan mengganggumu ketika bersiap menuju tempat kerja atau sekolah dengan otak yang  kurang fokus. Padahal, waktu terus berjalan dan kita diburu untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Untuk meningkatkan kerja otak secara cepat dan membuat lebih segar di pagi hari, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Dilansir dari Inc, Rabu (9/7/2019), berikut beberapa tips yang membuat otakmu lebih cepat fokus di pagi hari.

2 dari 6 halaman

1. Minum Air

Setelah tidur semalaman, badan akan merasakan dehidrasi ringan. Faktanya, sel dalam otak manusia pun mayoritas terdiri dari cairan. Untuk mengatur temperatur dan membantu perkembangan sel, cairan dibutuhkan untuk kerja semacam memproduksi hormon. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kerja otak.

Berdasarkan penelitian, kekurangan cairan hingga dehidrasi pun dapat berdampak pada memori jangka panjang dan jangka pendek. Oleh karena itu, minum air tawar agar terhidrasi perlu dilakukan.

Jumlah asupan air bagi setiap orang dapat berbeda. Namun, kamu bisa mulai minum 300-500 mL air setiap pagi.

Jika kamu tidak suka air tawar, kamu bisa menggantinya dengan kopi. Namun, kopi memiliki efek samping dan tidak cukup mengatasi masalah dehidrasi ini.

3 dari 6 halaman

2. Mendengarkan Musik Bertempo Cepat

Otak kita sebenarnya akan menyesuaikan dengan tempo apa yang kita dengarkan. Mendengarkan musik bertempo cepat dapat membantu kerja otak menjadi lebih aktif. Kamu juga bisa memilih genre apapun. Coba dengarkan lagu bertempo cepat di pagi hari atau coba gunakan untuk musik alarmmu.

4 dari 6 halaman

3. Cahaya

Cahaya berperan penting dalam tubuhmu. Cahaya yang menyentuh mata akan menghubungkan retina dan hipotalamus di otak. Bagian ini pun akan merangsang bagian dalam otak lainnya untuk bangun.

Cobalah untuk mendapat cahaya alami dari matahari. Namun, apabila kamu pergi lebih pagi dan tak dapat mendapatkannya, cahaya buatan seperti lampu pun dapat membantu.

5 dari 6 halaman

4. Olahraga Ringan

Olahraga ringan dapat membuat sirkulasi lebih baik dan dapat berdampak positif pada oksigen dan nutrisi dalam otak.

Coba lakukan olahraga ringan seperti jumping jack (melompat), jalan cepat, atau melihat video olahraga dan melakukannya. Berolahraga sambil melihat video juga dapat melatih perhatian otakmu.

6 dari 6 halaman

5. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin akan memicu proses biologis dalam tubuhmu, seperti meningkatkan aliran darah dan sistem pernapasan. Hal itu akan sedikit memicu energi yang dapat membuat perasaanmu lebih baik. Jika kamu tidak percaya, coba saja melakukannya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading