Sukses

Tak Melulu soal BTS, Yuk Ketahui Fakta Menarik tentang ARMY

Liputan6.com, Jakarta - Bagi selebritas semacam grup band, penggemar merupakan hal yang penting. Penggemar bisa jadi penikmat karya setia, pendukung, hingga seperti keluarga. Bisa dikatakan, penggemar dengan grup band memiliki hubungan simbiosis mutualisme dan saling menguntungkan.

Beberapa penggemar pun memiliki nama untuk menjuluki diri mereka. Misalnya ARMY, penggemar grup band Korea BTS.

BTS (Bangtan Boys) merupakan salah satu grup band asal Korea. Grup band ini memiliki tujuh member, yakni Jung-kook, V, Park Ji-min, Suga, Jin, RM, dan J-Hope. Boyband ini telah mendapat berbagai pencapai, seperti penghargaan di Billboard Music Festival. Maka tak heran jika BTS memiliki banyak penggemar, bukan?

Sejak 9 Juli 2013, BTS secara resmi menyebut penggemar mereka ARMY. ARMY merupakan kependekan dari 'Adorable Representative MC for Youth'.

Jika biasanya kamu ingin tahu fakta tentang BTS, ini beberapa fakta tentang penggemarnya, ARMY.

2 dari 6 halaman

Fakta Tentang Fans BTS, ARMY

1. Logo ARMY mirip dengan logo BTS

Tak hanya BTS, penggemarnya yang disebut ARMY pun memiliki logo. Logo ARMY mirip dengan logo BTS saat ini. Sebelumnya, logo BTS memang berupa rompi peluru, tapi sejak 2017, berubah menjadi lebih sederhana dan elegan.

Jika digabungkan dengan logo BTS, logo ARMY akan terlihat seperti pintu. Pintu ini bermakna ARMY yang menunggu dan menyambut BTS ketika membuka pintu di sisi lainnya. Ada pula yang melihatnya seperti perisai. Bagi para penggemar 7 idol ini, lambang tersebut pun bermakna saling menjaga.

2. Ada di berbagai negara

Ketenaran BTS memang tak hanya ada di negeri Ginseng, Korea Selatan. Penggemarnya telah ada di berbagai negara termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Brasil, bahkan Amerika.

Penggemarnya ini biasa berjejaring melalui grup-grup atau media sosial seperti Twitter. Ada pula website seperti wiki fandom untuk saling berbagi informasi mengenai idola mereka.

3. ARMY bomb, salah satu andalan saat konser

Seperti penggemar grup idol lainnya, ARMY pun punya senjata andalan saat konser, yaitu ARMY BOMB. Lightstick dengan bentuk tertentu memang menjadi salah satu ciri khas saat konser grup idol Korea.

ARMY bomb berbentuk bundar dengan pegangan hitam. Harga ARMY bomb yang dijual di Indonesia umumnya mencapai ratusan ribu.

Selain ARMY bomb, tulisan, poster, atau gambar muka idol atau bias mereka bisa juga lo jadi senjata saat konser.

3 dari 6 halaman

Fakta lainnya

4. Army bomb ocean dan fanchants saat konser

Untuk mendukung penampilan BTS, tak tanggung-tanggung, mereka tak jarang melakukan Army bomb ocean. Army bomb ocean adalah istilah untuk koreo ARMY saat menonton konser. Cara menjadikan tribun penonton lautan warna tertentu dengan cahaya ARMY bomb. Misalnya yang dilakukan ARMY saat penampilan BTS di Wembley Stadium.

Selain koreo, saat konser pun tak jarang ARMY melantunkan fanchants. Fanchants itu semacam nyanyian penyemangat dari fans. Biasanya dinyanyikan di sela-sela lagu yang dibawakan idol mereka.

5. Koleksi merch dan konser

Kurang lengkap rasanya jadi ARMY tapi tak mengoleksi karya serta mershendise atau pernak-perniknya. Mulai dari album lagu, photobook, ARMY bomb, poster, dan lainnya. Beberapa merchendise asli pun harganya tak murah. Begitu pun dengan harga tiket konser.

Dengan harga yang lumayan, penggemar BTS pun perlu mengumpulkan uang untuk membeli merch dan tiket konser. Selain membeli, tak jarang ada give away di media sosial untuk mendapatkan merch BTS juga lo.

6. Bisa terlibat fanwar

Sudah banyak yang mengetahui, penggemar grup band Korea di Indonesia bisa terlibat fanwar di media sosial, begitu pun ARMY. Fanwar ini biasanya berupa debat akibat ketersinggungan soal idolanya. Asal jangan berkepanjangan saja ya. 

7. Lebih dekat dengan idola lewat Weverse

Selain dari media sosial, ARMY bisa lebih dekat dengan 7 member Bangtan Boys ini melalui Weverse. Aplikasi yang baru digunakan BTS 2019 ini menjadi platform untuk lebih dekat dengan penggemar mereka, ARMY.

4 dari 6 halaman

Selebrasi melalui media sosial

Army, penggemar BTS, merayakan hari jadinya yang ke-6. Salah satunya melalui media sosial. Berbagai tagar atau hal yang berkaitan dengan BTS sempat menjadi trending topic Twitter di kawasan Indonesia.

Indonesia memang termasuk salah satu negara dengan ARMY terbanyak, maka tak heran jika media sosial ramai ketika anniversary ke 6 ARMY ini.

Misalnya twitter yang ramai dengan tagar #ARMYwithBTS. Hingga kini, tagar tersebut telah mencapai lebih dari 45 ribu twit . Selain itu, trending topic lainnya yakni #ArmyMeansFamily, Happy 6th Anniversary Army, dan Happy Army Day.

Lini masa Twitter pun dibanjiri dengan beragam ucapan selamat, curhatan rasa syukur, dan tak jarang disertai foto-foto BTS. Berikut twit-twitnya seperti merangkum dari berbagai akun Twitter.

"Terima kasih telah membuat saya menjadi army Happy Birthday To ARMY di seluruh pelosok dunia #ARMYwithBTS," tulis akun @ReniNurFauziah4.

Ada pula twit @GhinaNZ_, "Gak kerasa udah 6th ARMY. Kalian adalah keluarga ke-2 aku,, yg selalu buat aku lupa akan masalah di hidup aku. #ARMYwithBTS #ArmyMeansFamily."

Twit lain datang dari akun Twitter @redcherry_twt, "#ARMYwithBTS Happy 6th anniversary untuk seluruh ARMY dan meningkatnya kehaluan ini."

5 dari 6 halaman

Global Army Song, lagu dari ARMY seluruh dunia

Selain beragam twit di lini masa Twitter, salah satu yang menyita perhatian adalah '2019 Global ARMY Song "See You There" yang dibawakan oleh Gracie Ranan dan beberapa ARMY.

Video tersebut diunggah akun Youtube Daily Hoping. Lagu ini dinyanyikan ARMY dari berbagai negara menggunakan berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Tahun sebelumnya, Global Army Song juga dirilis oleh akun yang sama dan menuai perhatian. Begitu pun perayaan hari jadi yang keenam pada 2019 ini. Music Video ARMY Global Song pun menjadi salah satu cara ARMY di berbagai negara merayakan hari jadinya.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Film Ketiga BTS Tayang 7 Agustus di Bioskop
Artikel Selanjutnya
Makna di Balik Soundtrack BTS World, Heartbeat