Sukses

Baik Buat Kesehatan, Ini 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Tidur di Sisi Kiri

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Anda tidur dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa efektif membantu tubuh tetap bekerja. Dari sekian banyak posisi tidur, ada posisi terbaik.

Tidur di sisi kiri adalah standar terbaik dalam posisi tidur. Ada 7 alasan kuat mengapa hal tersebut terjadi. Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari hhdresearch.org.

1. Memperlancar pencernaan

Saat tidur, tubuh tetap melakukan tugasnya. Termasuk mencerna makanan. Anda dapat membantu meringankan tugas organ pencernaan dengan cara tidur di sisi kiri.

Karena saat tidur di sisi kiri, itu mempermudah makanan masuk ke usus besar dengan lebih mudah. Ini juga menjaga perut dari berbaring di atas pankreas, yang mendukung aliran bebas enzim pencernaan.

 

2 dari 7 halaman

2. Meringankan kerja jantung

Sejak terbentuk di dalam tubuh, jantung harus terus berdetak untuk mempertahankan kehidupan seseorang. Itu pekerjaan berat dan dapat dipengaruhi sejumlah faktor seperti pola makan hingga kualitas udara.

Anda bisa meringankan kerja jantung dengan tidur di sisi kiri. Dengan cara ini, gravitasi membantu jantung menggerakkan darah. Aorta membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan melengkung ke kiri saat memulai rutenya. Saat tidur ke arah kiri, kerja jantung jadi sedikit lebih mudah dengan membuat darah itu bergerak lebih lancar.

 

3 dari 7 halaman

3. Meredakan sakit punggung

Jika Anda sering terbangun karena merasa sakit di punggung atau leher, tidur di sisi kiri mungkin membantu Anda. Sebagai permulaan, tidur di sisi kiri mengurangi stres pada tulang belakang.

Semakin banyak tekanan pada punggung saat tidur, semakin banyak usaha yang dibutuhkan otot untuk menjaga tubuh sebagaimana seharusnya. Tidur di sisi kiri memiliki efek cascading yang mengurangi peradangan yang terkait dengan otot tegang.

 

4 dari 7 halaman

4. Membantu kerja getah bening

Sistem limfatik yang terkait dengan getah bening, memainkan peran penting dalam memindahkan cairan ke seluruh tubuh termasuk kekebalan tubuh. Sistem limfatik membawa racun dan produk limbah lainnya, hingga penyumbatan di manapun dalam sistem tersebut dikaitkan dengan kesehatan yang buruk.

Tidur di sisi kiri tubuh diklaim membantu sistem limfatik menyaring limbah. Limfa mengalir ke kiri lewat saluran toraks, jadi gravitasi membantu fungsi tubuh ini secara alami.

 

5 dari 7 halaman

5. Mengurangi rasa mulas di perut

Posisi tengkurap dapat membuat asam lambung lebih mudah merambat ke kerongkongan. Ini dapat berujung dengan rasa tak enak di mulut karena asam lambung naik.

Menariknya, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur di sisi kiri dapat meminimalkan rasa mulas karena hal tersebut. Saat berbaring di sisi kiri, persimpangan lambung dan kerongkongan dijaga lebih tinggi dari tingkat asam lambung.

Namun tidur di sisi kanan, akan membuat sfingter esofagus bawah bawah lebih rileks dan dapat membuat asam lambung merembes masuk.

 

6 dari 7 halaman

6. Baik bagi wanita hamil

Wanita hamil sedang mengedarkan darah untuk dua tubuh. Ini pekerjaan intens yang butuh volume darah yang lebih besar untuk menyelesaikannya. Sementara itu, bayi yang sedang berkembang memperluas rahim dan memberi tekanan pada tulang belakang dan organ lainnya.

Berbaring di sisi kiri membuat sirkulasi tetap mengalir bebas dan menghilangkan tekanan bayi dari tulang belakang ibu, ditambah melindungi hati agar tak terlalu diperas. Secara keseluruhan, berbaring di sisi kiri memberikan aliran darah terbaik untuk kedua tubuh.

 

7 dari 7 halaman

7. Mencegah mendengkur

Jika pasangan Anda mendengkur, tidur sisi kiri dapat mengurangi hal tersebut. Memang tidak menyembuhkannya, tapi dapat menjaga lidah dan tenggorakan dalam posisi yang lebih netrak dan membuat saluran udara bersih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Posisi Tidur yang Tepat Saat Mag Kambuh Seperti Dialami Wali Kota Risma
Artikel Selanjutnya
5 Posisi Tidur Ini Bisa Bantu Hilangkan Sakit di Beberapa Bagian Tubuh