Sukses

Begini Tips Sahur yang Benar agar Tubuh Tak Lemas Saat Seharian Berpuasa

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa bulan Ramadan telah tiba. Tentu banyak dari kalian yang sudah tak sabar untuk menjalani ibadah puasa kan? Namun sayangnya tak sedikit pula yang justru menjadikan momen puasa untuk bermalas-malasan.

Ya, tentu banyak dari kalian yang mengalami rasa lemas seharian lantaran berpuasa. Banyak yang tak menyadari, bisa jadi tubuh kalian terasa lemas saat puasa lantaran cara sahur kalian yang salah.

Lantas seperti apa sih cara sahur yang benar agar tak membuat tubuh lemas saat berpuasa? Berikut ini tipsnya:

Yang pertama, ada baiknya kalian makan dengan porsi sewajarnya saat sahur. Makan berlebihan saat sahur justru membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Hal ini justru membuat kalian jadi mudah ngantuk karena banyak makan.

Selanjutnya, cobalah kalian konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Ini karena makanan dengan karbohidrat kompleks akan lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas saat siang hari. Sebaiknya kalian hindari makanan berlemak dan pedas.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Sayur dan Buah

Ternyata mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru juga berpengaruh pada kualitas puasa lho. Saat sahur, biasakan untuk makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong dan mudah lapar.

Perbanyak air putih saat sahur dan berbuka juga sangat penting. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa. Usahakan juga jangan tidur setelah salat Subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia.

Reporter: Ivana Okta

Sumber: Fimela.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading