Sukses

Tak Perlu Diet, 10 Kebiasaan Baik Ini Akan Membantumu Raih Tubuh Ideal

Berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan makan Anda untuk tetap sehat dan kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Psychologist menemukan bahwa diet jangka pendek sebenarnya tidak mengarah pada peningkatan berat badan dan kesehatan bagi banyak orang.

Melansir dari Brightside.me, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan makan Anda untuk tetap sehat dan kuat.

1. Makan dan mengunyah secara perlahan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan secara cepat, lebih cepat pula bertambah berat badan ketimbang yang makannya lambat. Makan dan mengunyah secara perlahan akan membuat Anda merasa kenyang, bahkan ketika Anda makan lebih sedikit.

2. Minum air secara teratur

Minum air sebelum makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan perasaan kenyang. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum setengah liter air 30 menit sebelum makan, akan makan lebih sedikit ketimbang yang tidak.

3. Sajikan makanan tidak sehat di piring merah

Ini mungkin terdengar aneh. Tapi sebuah eksperimen menemukan bahwwa orang akan makan dan minum lebih sedikit dari alat makan berwarna merah ketimbang yang berwarna biru. Alasan di baliknya yakni karena kita melihat warna merah sebagai sinyal halus untuk berhenti.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Hindari minuman manis

Menambahkan gula adalah penyebab terbesar untuk sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Minum hanya satu kaleng soda yang mengandung sekitar 52 gram gula saja akan membuat Anda melebihi batas harian gula yang disarankan.

Sebaiknya minumlah minuman sehat seperti air putih, teh hijau, kopi tanpa gula, atau jus buah segar.

5. Makan tanpa gangguan

Makan sambil nonton tv atau main gim akan membuat Anda makan lebih sedikit. Anda akan juga akan lebih sadar telah memakan makanan tidak sehat jika tidak terganggu dengan lingkungan Anda.

 

3 dari 4 halaman

6. Makan 2 butir telur sehari

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa jika Anda mengonsumsi 2 butir telur saat sarapan, ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan protein telur yang membuat hal tersebut dapat terjadi.

7. Sarapan setiap hari

Kadang kita tidak sarapan karena telat bangun. Padahal ini merugikan Anda. Sarapan tak hanya memberi energi yang cukup untuk memulai hari, tapi juga menurunkan kemungkinan terkena diabetes, menambah berat badan, dan penyakit jantung. Sarapan akan membuat makan siang Anda lebih terkontrol.

 

4 dari 4 halaman

8. Mengunyah permen karet saat lapar

Mengunyah permen karet bebas gula terlebih rasa mint, dapat membantu mencegah rasa lapar. Ini karena mengunyah permen karet dapat membunuh keinginan untuk makan.

9. Makan di tempat terang

Makan di tempat yang terang membantu Anda memilih makanan yang lebih sehat.

10. Makan lebih dari 3 kali sehari

Daripada makan 3 kali dalam jumlah besar sehari, lebih sehat untuk makan 6 kali dalam porsi kecil. Memisahkan makanan akan mempersingkat interval antara format makanan tradisional yang terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini