Sukses

Fungsi Internet, Mengenali Kelebihan dan Kekurangannya

Internet memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat, namun memiliki kekurangan juga.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern ini, sepertinya internet menjadi salah satu teknologi yang sangat berguna bagi siapapun. Bagaimana tidak, dengan internet informasi di negeri yang jauh sana bisa terakses dan kita mengetahui bagaimana keadaan, kondisi dan perkembangannya.

Sebelum mengenal lebih dalam tentang fungsi internet, maka akan dijelaskan dahulu pengertian internet. Apa itu internet? Internet adalah jaringan komunikasi secara global dan terbuka. Jaringan komunikasi ini akan menghubungkan jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis. Adapun contoh tipe komunikasinya ialah keberadaan telepon ataupun satelit.

Dengan komunikasi yang sudah terhubung oleh jaringan maka akan mempermudah dalam mengetahui informasi yang beredar secara global. Tapi sebelum masuk ke fungsi akan dipaparkan terlebih dahulu tujuan dibuatkan jaringan internet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tujuan Internet

Internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Internet dikerjakan pada proyek ARPA. Sehingga dengan adanya proyek tersebut ARPA sering disebut ARPANET. ARPANET ini awalnya digunakan untuk keperluan militer. Keperluan militer ini menghubungkan 4 situs yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Tujuan ARPA menyambung 4 situs ialah untuk upaya komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga. Dengan tujuan komunikasi di tempat yang berbeda itulah, akhirnya dikembangkan meluas hingga seperti sekarang, menghubungkan dunia global. Dari awalnya untuk keperluan militer kini malah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas.

Karena apabila tanpa internet maka komunikasi global akan terputus. Putusnya komunikasi global akan membuat kondisi semakin berantakan. Informasi susah diakses, dan dipastikan manusianya tidak akan berkembang dan ilmu pengetahuan juga berhenti, sehingga kemudahan-kemudahan yang sebelumnya ada karena internet berubah menjadi sebuah kesusahan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Internet

Internet tentu memiliki manfaat selain menghubungkan komunikasi global, adapun manfaat lainnya ialah sebagai media informasi dan hiburan. Internet akan menjadi media penyimpan segala informasi yang baik dan bisa ditelusuri oleh mesin teulusur yang sudah banyak tersedia di internet, misalnya Google, Ducduckgo, dan masih banyak mesin telusur lainnya. Segala informasi yang ada di internet akan mempermudah dalam menjalani kehidupan.

Selain informasi juga terdapat hiburan yang ada di internet. Hal tersebut di zaman modern ini kerap dimunculkan pada platform media social. Platform media social terbukti efektif membuat kreasi yang inovatif dan dapat menghibur pengguan internet.

Lalu manfaat internet yang lain ialah sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Seperti diketahui bahwa internet adalah media termudah untuk mendapatkan informasi. Informasi tersebut bisa berbentuk bahan materi untuk pendidikan. Banyak bahan materi belajar ataupun buku online yang tersebar di internet.

Manfaat selanjutnya dari internet ialah internet bisa digunakan untuk sarana pendukung kegiatan ekonomis. Hal ini sudah jadi hal lumrah, bahwa dengan internet, bisa menghasilkan uang melalui pemasukan iklan. Selain itu media youtube bahkan terbukti efektif menghasilkan banyak pemasukan.

Jadi dengan adanya internet, malah membantu untuk menghasilkan pendapatan. Internet mendorong pengguna berpikir kreatif, kritis dan inovatif yang membuat semakin pesatnya kemajuan serta perkembangan teknologi. Situs jual beli kini juga sudah banyak diinternet.

Sehingga muncul istilah jual beli online. Jual beli online ini akan membuat pengguna internet termanjakan, karena tidak perlu pergi ke supermarket, barang sudah sampai dirumah. Bahkan jasa seperti ojek pun juga sudah ada di zaman sekarang, seperti Go-Jek ataupun Grab. Dengan keberadaan internet, kehidupan kini semakin praktis.

4 dari 5 halaman

Fungsi Internet

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat internet, maka selanjutnya akan dibahas tentang fungsi internet. Fungsi internet akan membantu manusia lebih efektif dalam bekerja. Ujung-ujungnya akan menghasilkan produktifitas kerja.

Selain itu kemudahan berkomunikasi, akan membuat manusia semakin berkehidupan sosial. Tahu perkembangan zaman dan apa yang sedang berkembang menjadi nilai plus keberadaan internet. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya relasi kerjasama. Apabila relasi kerjasama meningkat maka akan membuat manusianya akan lebih mudah bergaul ataupun menjalankan suatu bisnis atau usaha tanpa harus alasan jarak yang jauh.

Adapun fasilitas internet yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya di antara world wide web atau www, di mana halaman web tersebut dapat berisi informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Lalu ada E-Mail yang berguna untuk kirim pesan, lalu Telnet untuk mengakses remote komputer yang terletak ditempat berbeda.

Lalu ada File Transfer Protocol (FTP) yakni untuk transfer file atau data. Fasilitas lain yakni chatting lewat berbagai aplikasi seperti Whatsapp ataupun Line.

5 dari 5 halaman

Kelemahan Internet

Walaupun internet memiliki banyak manfaat, tapi nyatanya internet juga memiliki kelemahan adapun kelemahannya ialah pada penggunaan internet yang kadang tidak beretika. Banyak sekali informasi salah yang menggemparkan. Lalu situs pornografi juga marak dan hal itu tidak baik untuk perkembangan anak dibawah umur.

Itulah tujuan, manfaat, dan fungsi internet yang telah terangkum dari beberapa sumber. Semoga penggunaan internet di zaman modern ini lebih ke hal positif dan hal negatif berkurang drastis, guna untuk perkembangan menuju ke lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini