Sukses

Waspada, Kenali 6 Tanda Orang Insecure Agar Kamu Tidak Terpengaruh

Liputan6.com, Jakarta Berhubungan dengan orang insecure bisa menjadi sangat merepotkan. Orang-orang ini tidak bisa merasa nyaman pada diri mereka sendiri.

Maka mereka juga tidak bisa membuat orang lain merasa nyaman saat bersama sedang bersama. Kadang kamu tidak sadar, apakah kamu insecure dan merugikan orang terdekatmu atau tidak.

Insecure berarti perasaan tidak aman, tidak yakin, tidak kuat atau yang paling sering dikatakan oleh orang-orang adalah tidak percaya pada diri sendiri, alias tidak PD. Bukan tidak mungkin sifat insecure bisa menular ke orang lain jika terus menerus dekat dengan orang ini.

Berikut 6 tanda orang insecure agar tidak mudah terpengaruh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/2/2019).

2 dari 3 halaman

Tanda Orang Insecure

1. Mereka Membuatmu Merasa Insecure Juga

Orang insecure akan membuatmu merasa insecure juga. Bila kamu merasakan orang yang kamu ajak bicara rendah diri, tak berdaya, maka itu sudah menjadi tanda bahwa lawan bicara adalah seorang insecure.

Alasannya, karena setiap orang akan cenderung membuat orang lain merasa seperti apa yang dia rasakan terhadap dirinya sendiri. Setelah bergaul dengan mereka, kamu akan merasa tidak pantas mendapatkan apa yang kamu mau. Semangatmu menghilang dan kamu merasa tidak berguna. Bukannya memotivasi, namun malah memberikan pandangan begitu buruk terhadap diri sendiri.

 

2. Merendahkan Orang Lain

Orang insecure suka sekali mencari perhatian dengan cara merendahkan orang lain. Tujuannya adalah agar mereka terlihat hebat dan punya sesuatu untuk dipandang atau iri hati.

Hal ini dilakukan agar mereka bisa memberi pembuktian bahwa ada yang lebih buruk daripada mereka. Biasanya mereka menyerang dengan cara membuat orang lain merasa malu.

 

3. Gampang Tersinggung

Hal ini terjadi karena orang-orang tersebut terlalu mendengarkan orang lain. Mereka selalu mengira bahwa setiap orang sedang membicarakan dirinya.

Orang insecure biasanya terlalu sensitif. Karena bila mereka sudah tersinggung, mereka akan terus memikirkannya berulang-ulang. Itu sebabnya orang insecure cenderung baper.

3 dari 3 halaman

Tanda Orang Insecure

4. Merendahkan Diri Sendiri

Orang-orang insecure terlalu fokus mengeluhkan kekurangan yang mereka miliki. Akibatnya mereka memusingkan hal-hal yang sesungguhnya tidak perlu dipusingkan. Mereka selalu butuh pengakuan berulang kali dari orang lain. Ironisnya, mereka tidak akan pernah puas.

 

5. Ingin Semua Orang Menyukai Mereka

Mereka selalu menyetujui apa yang dikatakan orang lain. Mereka jenis orang yang tidak bisa menolak dan akhirnya terjebak dalam keputusan yang salah.

 

6. Jago Melihat Peluang untuk Curhat

Berhubung apa yang dipikirkan oleh orang insecure adalah masalah pribadi, maka apapun yang keluar dari mulut mereka juga demikian. Mereka paling pandai melihat peluang untuk curhat.

Sekalipun dalam situasi yang menggembirakan, mereka dapat menyisipkan curhat di dalam kata-kata mereka. Tampaknya mereka tidak menyadari bahwa kelakuan mereka ini hanya merusak suasana.

Berhati-hatilah bila kamu memutuskan untuk mempertahankan hubungan atau berteman dengan orang insecure. Mereka punya sederet kebiasaan buruk yang bisa membuat kepercayaan dirimu jatuh. Mereka dapat mempermalukanmu, membuatmu merasa bersalah, dan kecil.