Sukses

Macam-macam Profesi Akuntansi, Kamu yang Mahasiswa Wajib Tahu

Ada banyak orang yang mengincar profesi sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini, ada begitu banyak profesi yang bermunculan. Apalagi di zaman yang sudah semakin maju dan modern, profesi-profesi baru pun turut semakin beragam.

Ada banyak orang yang mengincar profesi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kebanyakan orang akan berpikir, bahwa memiliki profesi yang sesuai dengan latar pendidikannya akan mempermudah kinerjanya karena telah mendapatkan ilmu saat bersekolah atau kuliah.

Salah satu jurusan di kampus yang memiliki pekerjaan yang menjanjikan adalah akuntansi. Profesi dari lulusan jurusan akuntansi sendiri dinilai banyak memiliki peluang untuk bekerja di sebuah perusahaan bonafit. Namun, siapa sangka kalau macam-macam profesi akuntansi sendiri begitu beragam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keahlian Akuntan

Profesi akuntansi sendiri adalah pekerjaan yang menggunakan keahlian di bidang akuntansi. Termasuk bidang pekerjaan akuntansi publik, intern, keuangan/dagang, akuntansi pemerintah & akuntansi pendidikan.

Seseorang yang bekerja di bidang akuntansi dan memiliki keahlian di bidang akuntansi maka disebut sebagai akuntan. Dari seorang akuntan terdapat keahlian yang dimiliki antara lain:

1. Teori akuntansi

2. Akuntansi biaya

3. Pengauditan

4. Sistem akuntansi

5. Perpajakan

6. Sistem informasi manajemen

7. Akuntansi keuangan

8. Ekonomi perusahaan

3 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

Berikut macam-macam profesi akuntansi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

1. Akuntan Publik (Public Accountant)

Macam-macam profesi akuntansi yang pertama adalah akuntan publik. Profesi yang berhubungan dengan akuntansi publik dikenal dengan istilah akuntan publik. Bidang pekerjaan yang utama bagi akuntan publik adalah pemeriksaan laporan keuangan yang telah dibuat (auditing).

Pemeriksaan laporan keuangan ini dilakukan secara independen untuk menilai kewajaran laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang disusun oleh pihak manajemen perusahaan bagi para investor, kreditur, dan pihak eksternal lainnya.

Hasil pemeriksaan akuntan publik ini dituliskan dalam sebuah laporan yang disebut laporan hasil pemeriksaan akuntan. Ada lagi hal yang dikerjakan oleh akuntan publik, yaitu akuntansi perpajakan yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan menekan tarif pajak seminimum mungkin.

Akuntan publik juga menangani akuntansi manajemen dengan memberikan pertimbangan dan saran kepada manajemen untuk memperbaiki hasil operasi perusahaan yang memakai jasanya.

Jasa-jasa seorang akuntan publik yang bisa diberikan pada masyarakat di antaranya ialah sebagai berikut:

• Jasa perpajakan.

• Jasa penyusuanan sistem akuntansi.

• Jasa pemeriksaan kewajaran laporan keuangan.

• Jasa konsultasi manajemen perusahaan.

• Dan jasa penyusunan laporan keuangan dalam rangka pengajuan kredit.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

2. Akuntan Intern (Internal Accounting)

Macam-macam profesi akuntansi yang kedua adalah akuntan internal. Akuntan internal perusahaan dikenal juga dengan istilah akuntansi umum yang memiliki tanggung jawab dalam pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan penyusunan laporan keuangan umum yang terdiri dari neraca, rugi-laba, perubahan modal, aliran kas.

Akuntansi umum berhubungan dengan konsep dasar akuntansi yang menghasilkan data yang dasar (basic data) bagi ruang lingkup akuntansi. Akuntansi biaya menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya terutama penekanan biaya pemasaran.

Penganggaran dilakukan oleh perusahaan untuk menetapkan sasaran penjualan dan laba serta merencanakan pencapaian sasaran itu secara rinci. Kegiatan ini selalu memerhatikan data masa lalu dalam laporan keuangan, karena anggaran dipakai untuk mengawasi kegiatan operasional perusahaan melalui perbandingan fakta dengan anggaran.

Perancangan fungsi sistem informasi akuntansi mengidentifikasikan kebutuhan informasi bagi pihak internal maupun eksternal. Pemeriksaan internal juga dilakukan oleh akuntan internal perusahaan yang bertugas mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen.

Tugas pokok akuntan internal antara lain membantu pihak manajemen sesuai manfaat akuntansi manajemen untuk memperbaiki tingkat efesiensi operasi. Selain itu menjamin seluruh stakeholders telah melaksanakan prosedur dan rencana yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen yang sesuai tujuan laporan keuangan.

5 dari 5 halaman

Macam-macam Profesi Akuntansi

3. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah, misalnya di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK), perpajakan dan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah atau bisa juga mengaudit setiap institusi-institusi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan.

4. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam mendidik di bidang akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan di bidang akuntansi, dan menyusun kurikulum di berbagai tingkat satuan pendidikan. Secara sederhana dapat diartikan sebagai dosen atau guru yang mengajar mata pelajaran atau mata kuliah akuntansi.

Tenaga pengajar akuntansi bekerja di institusi pendidikan dengan jam kerja yang fleksibel sehingga biasanya akuntan pendidik ini tidak semata-mata mengajar. Tetapi merangkap pekerjaan lain seperti membuka praktik untuk melayani kebutuhan masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkan keahliannya.

Demikian penjelasan dari macam-macam profesi akuntansi dan penjelasan singkatnya. Bagi kalian yang masih ragu untuk mengambil program studi akuntansi, semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan kalian dalam masuk ke perguruan tinggi.

 

 

Reporter: Loudia Mahartika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini