Sukses

Doyan Ngemil Keripik Kentang? Ini Lho Sosok Penemunya

Bagi kamu yang suka ngemil, keripik kentang pasti menjadi salah satu cemilan kesukaan. Cemilan populer ini mudah ditemukan dalam berbagai rasa dan merek.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang suka ngemil, keripik kentang pasti menjadi salah satu cemilan kesukaan. Cemilan populer ini mudah ditemukan dalam berbagai rasa dan merek. Namun, tahukah kamu siapa penemunya?

George Crum asal New York, Amerika Serikat disebut-sebut sebagai orang pertama yang menemukan keripik kentang. Pria kelahiran 15 Juli 1824 ini merrupakan seorang koki yang bekerja setiap musim panas di sebuah restoran mewah di New York.

Diklaim, ia menemukan formula keripik kentang secara tak sengaja pada tahun 1853. Semua bermula dari restoran tempat George bekerja yang menjadikan menu kentang goreng Perancis sebagai menu andalan. Kentang tersebut dipotong tebal-tebal dan digoreng dengan minyak panas.

Suatu hari, George menerima komplain dari tamu yang mengeluh potongan kentang yang disajikan terlalu tebal. Pria itu kemudian berusaha memperbaikinya dengan sedikit menipiskan potongan kentang. Tapi tamu itu masih saja komplain.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

George lalu memutuskan memotong kentang setipis mungkin dan menggorengnya hingga kering yang berarti tak bisa dimakan dengan garpu. Tapi siapa sangka, sang tamu justru sangat menyukainya. Kemudian keripik kentang buatan George menjadi menu andalan di restoran tersebut dan diberi nama Keripik Saratoga.

Pada tahun 1860, George memutuskan membuka restorannya sendiri di Malta Avenue dekat Danau Saratoga. Bisnisnya itu lalu makin pesat dan besar. Bertahan selama 30 tahun, restoran itu akhirnya tutup pada 1890. George sendiri meninggal dunia pada tahun 1914 di usia 92 tahun.

Sementara itu, ide untuk mengemas keripik kentang sehingga bisa dijual di toko datang dari William Tappendon dari Cleveland pada tahun 1895. Ia mengembangkan bisnis keripik kentang dan mendistribusikannya ke toko-toko tetangga. Tak hanya itu, William juga membuat ladang kentang di dekat rumah dan merintis pabrik keripik kentang pertama di Amerika Serikat.

Reporter: Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.