Sukses

Banjir Pujian, Pria Ini Punguti Puntung Rokok di GBK Selama Asian Games 2018

Karena tak bisa menyaksikan pertandingan Asian Games 2018 secara langsung, seorang pria memilih melakukan aksi positif untuk mendukung kesuksesan ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, Asian Games 2018 telah berakhir. Selama hampir dua minggu, kompetisi olahraga se-Asia tersebut berlangsung di Indonesia, khususnya di Jakarta dan Palembang.

Menjadi tuan rumah ajang olahraga empat tahun sekali tersebut tentu membuat masyarakat berbangga hati karena bisa menyaksikan berbagai pertandingan dan mendukung atlet favorit secara langsung. Namun, nyatanya tidak semua masyarakat bisa menyaksikan atlet di Asian Games 2018 secara langsung.

Lokasi pertandingan Asian Games 2018 yang banyak berlokasi di Jakarta dan Palembang memang membuat segelintir masyarakat di luar kota tersebut keberatan. Mulai dari biaya transport pulang-pergi hingga tiket pertandingan yang tentunya tidak murah. 

Jangankan yang jauh, yang berada di sekitar ibu kota saja bahkan banyak yang tak kebagian tiket masuk ke arena pertandingan. Tapi meski terhalang jarak dan tak dapat tiket masuk, bukan berarti tidak bisa mendukung Indonesia.  

Ada cara lain yang bisa dilakukan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh pria bernama Muhammad Tomi Ibnu Mas'ud ini.

Lewat akun Instagram-nya, ia bercerita bahwa tidak dapat mendukung secara langsung para atlet yang sedang berjuang. Namun meski begitu, ia tetap melakukan hal positif untuk mendukung kesuksesan pesta olahraga terbesar Asia ini.

Lantas ia memungut sampah puntung rokok yang ada di sekitar Gelora Bung Karno secara sukarela. Setiap puntung yang ia temukan lalu dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam plastik. Aksi ini ia lakukan seorang diri dari hari pertama Asian Games 2018 hingga hari terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Warganet

"Hanya ini yang dapat saya lakukan untuk INDONESIA di @asiangames2018, dimana saya tidak bisa mendukung secara langsung para Atlet yang berjuang untuk bangsa ini di acara pergelaran olahraga terbesar di Asia @asiangames2018, yang saya lakukan hanya membersihkan puntung-puntung rokok di semua area GBK atau setiap venue pertandingan," tulis Tomi dalam keterangan foto yang diunggahnya.

"Ini adalah hari pertama saya mengumpulkan puntung-puntung rokok di setiap venue, sela-sela tumbuhan, dan lain-lain, aksi yang saya lakukan akan berlanjut hingga Asian games 2018 selesai dan seterusnya.., Semangat untuk Para Atlet yang berjuang untuk bangsa INDONESIA harumkan nama baik bangsa kita semua, SIAPA KITA...? INDONESIA." 

Tak disangka, unggahan tersebut beredar hingga menjadi perbincangan viral di jejaring sosial. Aksi yang dilakukan pria itu bahkan ditanggapi beragam respons warganet.

 

Banyak warganet yang memberi pujian. Meski tak bisa dukung langsung para atlet di arena pertandingan, ia tetap melakukan aksi positif demi nama baik Indonesia di mata Asia dan dunia. 

"Wih aksi positif banget ya. Daebak," tulis akun @zetizenbanten.

"Saya bangga sekali dengan anak muda seperti @tomi_nih," puji akun @ninotinot.

"Tetap lakukan hal baik bro. bangga!" ungkap akun @mhmdfauzim.

"Aksi tersebut sangat positif banget ka, fighting," tulis akun @dederahma54.

Salut ya dengan aksi yang dilakukan pria itu. Semoga banyak warga lainnya yang melakukan hal serupa di lingkungan sekitar mereka.

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.