Sukses

Gara-Gara Makan Sushi Mentah, Tangan Kakek Ini Terpaksa Diamputasi

Nyatanya kakek ini memiliki banyak masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kalian pecinta seafood sebaiknya berhati-hati sebelum menikmati sajian makanan laut tersebut. Seorang kakek di Korea harus mengalami kejadian tragis setelah makan sushi mentah. Pria berusia 71 tahun itu harus kehilangan setengah dari tangannya usai makan sushi yang terkontaminasi bakteri.

Dua belas jam usai makan sushi tersebut, tangan pria lanjut usia itu mulai sakit dan membengkak. Selama dua hari dia mengalami demam dan bengkak di tangannya semakin parah begitupun dengan rasa sakitnya.

Tak kuat menaha sakit, dia akhirnya memutuskan pergi ke dokter di Jeonju, Korea Selatan. Dokter kemudian mengeringkan lepuhan pada tangan kakek tersebut yang berukuran seperti bola golf. Mereka juga mengangkat jaringan yang terinfeksi.

Setelah menguras 3,5 cm dari 4,5 cm lepuhan di tangan kakek itu, tim medis memberikan dua antibiotik intravena untuk mempercepat proses penyembuhan si kakek. Rupanya apa yang dilakukan dokter salah besar. Kakek yang menderita diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal stadium akhir ini justru mengidap ulkus dalam yang menyebabkan nekrosis.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diamputasi

Nyatanya sistem kekebalan tubuh kakek tersebut sedang lemah karena sakit ginjal. Hal ini membuatnya rentan terhadap nekrosis. Nekrosis sendiri merupakan kematian jaringan tubuh ketika lebih sedikit darah mengalir ke jaringan.

Kondisi ini ternyata sangat berbahaya bagi pasien diabetes. Ya seperti kita ketahui proses penyembuhan luka pada pasien diabetes sangat lambat apalagi pada kasus ini tangan si kakek sudah terluka dan membusuk. Hal ini yang menyebabkan tangan setengah dari tangan kirinya harus diamputasi untuk menghentikan daging yang membusuk menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Reporter:

Rizky Mandasari

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.