Sukses

4 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Suara, Apa Saja?

Asam lambung hingga kanker, ini deretan penyakit yang bisa dideteksi lewat suara.

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang batuk atau flu suara kita tentu akan terdengar berubah ya. Hal ini lantaran suara akan terdengar lebih parau. Hal tersebut sudah lumrah dialami bagi kalian yang flu maupun batuk.

Namun nyatanya, ketika suara kalian berubah tanda tersebut juga bisa menandakan adanya penyakit lain. Ya, tak hanya flu atau batuk ada kemungkinan lain seperti adanya penyakit yang serius.

Setidaknya ada 4 penyakit lain yang bisa dideteksi dari perubahan suara loh. Maka dari itu ada baiknya kalian harus lebih peka jika mengalami perubahan pada suara. Dikutip dari Vemale.com, berikut ini penyakit yang bisa dideteksi lewat perubahan suara.

Nodul Pita Suara

Nodul pita suara akan ditandai dengan suara yang serak karena adanya pembengkakan. Biasanya penyakit ini kerap dialami oleh mereka yang sering mengeluarkan suara keras seperti penyanyi, guru, atau dosen. Namun tak perlu khawatir, cara penyembuhannya cukup mengistirahatkan pita suara saja.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polip hidung

Penyakit polip hidung biasanya disebabkan oleh infeksi, alergi, atau reaksi kekebalan tubuh terhadap suatu lingkungan. Polip hidung akan ditandai dengan hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, nyeri wajah, serta turunnya fungsi indera penciuman. Mereka yang mengalami polip hidung juga akan mengalami perubahan suara. Meski tidak bisa disembuhkan, polip hidung dapat dikurangi dengan steroid dan operasi jika penyakit semakin parah.

3 dari 4 halaman

Asam Lambung

Suara kalian sering serak saat bangun tidur di pagi hari? Hati-hati, hal ini bisa menandakan kalian menderita asam lambung. Seorang peneliti dari London Medical mengemukakan bahwa asam yang keluar dari perut saat tidur akan bisa mengganggu tenggorokan sehingga pita suara menjadi bengkak dan mengubaha kualitas suara.

4 dari 4 halaman

Kanker Laring

Sebuah penyakit serius juga nyatanya bisa diketahui lewat suara salah satunya ialah kanker laring. Kanker laring bisa ditandai dengan perubahan suara sebagai tahap awal. Suara akan menjadi serak karena ada pembengkakan di tenggorokan.

Reporter: Luthfia Miranda Putri

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.