Sukses

Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Kesepian bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu pernah merasa kesepian. Kesepian bukan hanya merasa tengah sendiri, tapi menghindari kehidupan sosial seperti berkumpul dengan teman. Nah, ternyata, kesepian bisa menjadi masalah serius lo. Lebih tepatnya berbahaya bagi kesehatanmu.

Rasa sepi bisa dirasakan oleh semua orang, bahkan orang yang sudah menikah sekali pun. Seperti yang diungkapkan neuroscientist University of Chicago, Stephanie Cacioppo.

Berdasarkan penelitian yang dilaporkan Cigna, setengah dari 20.000 responden mengaku sering dan bahkan selalu merasa kesepian. Data juga menyebutkan kesepian dapat memengaruhi kesehatan, seperti berdampak buruk pada jantung.

Rasa sepi wajib diperhatikan. Sama seperti gangguan kesehatan fisik, kesepian juga dapat mempengaruhi kesehatan. Kesepian dapat mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang, rasa sepi dapat membuat seseorang berpikir negatif. Rasa sepi dan pikiran ini dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Seperti yang diketahui, depresi ini dapat menyebabkan seseorang memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Selain menghindari rasa sepi dan kesepian, kamu juga perlu mengendalikan dalam penggunaan media sosial. Seperti yang diungkapkan American Journal of Preventive Medicine, orang yang menghabiskan lebih dari dua jam di media sosial dalam sehari terisolasi dua kali lebih banyak dibanding mereka yang bersosialmedia selama 30 menit atau kurang.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jadi, mulai sekarang jangan abaikan rasa kesepian ya. Coba untuk mulai bertemu dan berkumpul bersama teman-temanmu untuk menghindari dampak negatif kesepian.

Reporter:

Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Madu dan Habbatussauda untuk Kesehatan Kulit
Artikel Selanjutnya
Selain Lezat, Terong Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan