Sukses

Bosan dengan Kue Kering? Ini 7 Kue Basah Pengganti Jamuan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Aneka jenis kue biasanya disajikan sebagai sajian untuk tamu dan sanak saudara yang bersilahturahmi. Tentunya jangan lupakan ayam opor, sambal kentang goreng dan ketupat, hidangan lainnya yang selalu hadir saat lebaran tiba.

Umumnya jenis kue yang disajikan beraneka ragam kue kering. Beberapa jenis kue kering yang selalu hadir saat lebaran tiba, antara lain seperti kue kastangel atau kue keju, kue nastar dan kue putri salju.

Namun, terkadang pernah enggak sih kamu merasa bosan dengan sajian kue kering yang itu-itu saja saat lebaran? Yuk, coba bikin suasana baru mengganti kue kering dengan beberapa jenis kue basah yang enggak kalah enak.

Untuk referensi kamu, berikut 7 jenis kue basah yang bisa jadi alternatif saat lebaran:

1. Kue Lapis

Kuliner tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan dikukus sampai matang ini merupakan salah satu kuliner yang digemari banyak orang.

Rasanya yang manis dengan tekstur yang kenyal, enggak heran kalau kue berlapis-lapis aneka warna ini memang disukai banyak orang dan cocok banget buat jadi sajian saat lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Prol Tape

Kalau kamu bosan sama hidangan tape ketan saat lebaran, kue yang juga berbahan dasar tape ini bisa banget jadi alternatif kamu.

Rasanya yang legit, padat dan lembut tentunya bakal memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Apalagi kalau diberi tambahan toping keju parut, kismis atau kecang kenari.

3 dari 7 halaman

3. Kue Karamel

Kue karamel (caramel cake) atau yang juga dikenal dengan nama kue sarang semut ini memang mempunyai tampilan yang sesuai dengan namanya, yakni sarang semut.

Kue berongga dan berwarna gelap cokelat ini berasal dari gula pasir yang dipanaskan dan menciptakan warna, aroma serta rasa yang khas.

4 dari 7 halaman

4. Bolu Gulung

Bolu gulung menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat lebaran tiba bagi sebagian orang. Bolu yang juga dikenal dengan sebutan Swiss roll ini merupakan bolu panggang tipis yang dioles selai atau krim dan kemudian digulung.

5 dari 7 halaman

5. Chiffon Cake

Teksturnya yang sangat lembut, halus dan ringan seperti spons membuatnya menjadi alternatif kue basah yang cocok banget buat disajikan saat lebaran.

Rahasia di balik lembut dan ringannya tekstur kue satu ini adalah bahan pembuatnya yang terdiri dari tepung terigu protein rendah, gula, telur, santan dan lainnya.

6 dari 7 halaman

6. Tiramisu

Buat kamu penggemar kopi, kue basah yang berasal dari Italia ini wajib ada saat lebaran. Ciri khas tiramisu yang memiliki tekstur sangat lembut dengan perpaduan cita rasa kopi dan krim keju bisa bikin kamu ketagihan.

7 dari 7 halaman

7. Brownies Kukus

Siapa sih yang bisa menolak nikmatnya kue brownies kukus? Tekstur kuenya yang lembut dan cita rasa cokelat yang begitu terasa membuat kue ini digemari banyak orang oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pastinya pas banget buat disajikan saat lebaran.

Reporter:

Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.