Sukses

Catat, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Melaksanakan Salat Idul Fitri

Ini beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum salat Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat muslim telah bersiap menyambut hari raya Idul Fitri. Tentu ada hal yang sangat ditunggu-tunggu saat lebaran, yakni salat Idul Fitri. Apalagi salat Ied ini hanya dilakukan sekali dalam setahun. Jadi pasti kalian tak mau ketinggalan, bukan?

Salat Idul Fitri hukumnya sunah dan bisa dilakukan seluruh umat muslim. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan beberapa hal ini agar salat Idul Fitri yang dikerjakan semakin berkah dengan pahala berlimpah. Lantas apa saja hal tersebut?

1. Mandi Sebelum Berangkat

Sebelum melaksanakan salat Ied, kalian dipastikan untuk mandi dan membersihkan diri serta bersuci sebelum berangkat ke masjid. Rasulullah SAW dan para sahabatnya selalu mandi dan membersihkan diri ketika hendak pergi mendirikan Salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

2. Memakai Pakaian Terbaik

Sunah selanjutnya adalah memakai pakaian terbaik. Bukan berarti kalian harus memakai pakaian baru ya, tapi pakaian yang dianggap paling baik, sopan, sesuai syariat agama dan nyaman dikenakan serta bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Memakai Wewangian

Kaum pria begitu dianjurkan untuk memakai wewangian ketika hendak melaksanakan salat Ied. Sementara untuk wanita, cukup membuat dirinya juga pakaiannya bersih sehingga bau badannya tidak mengganggu orang lain di sekitarnya, meski tak memakai wewangian sekalipun.

3 dari 4 halaman

4. Mengajak Seluruh Keluarga dan Anak-Anak

Ajaklah semua sanak keluarga untuk berbondong-bondong melaksanakan salat Ied. Bahkan ketika kalian memiliki anak-anak yang masih kecil. Begitu juga dengan wanita yang sedang haid, dianjurkan datang untuk mendengarkan khotbah Ied.

4 dari 4 halaman

5. Takbir Menuju Tempat Salat

Lantunkan takbir selama menuju tempat salat. Tak perlu lantang saat melantunkannya, bahkan di dalam hati juga dianjurkan.

Itu beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum melaksanakan salat Ied. Ada baiknya deretan hal tersebut kalian lakukan ya ketika salat Ied besok. Ini lantaran hal tersebut dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Tentu agar kita mendapat pahala dan hari raya Idul Fitri diberikan keberkahan.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.